Cerita Haru, Polisi Rela Asuh Bayi Tampan yang Ditemukan Warga Palembang

Oleh Nefri Inge pada 26 Feb 2020, 15:00 WIB
Diperbarui 26 Feb 2020, 15:00 WIB
Polisi Palembang akan Adopsi Bayi Menggemaskan yang Terbungkus Plastik Hitam
Perbesar
Kanit Intel Polsek SU I Palembang Ipda Nova Ediestira langsung mengumandangkan adzan di telinga bayi yang ditemukan terbungkus plastik hitam tersebut (Liputan6.com / Nefri Inge)

Liputan6.com, Palembang - Penemuan bayi yang diduga dibuang orangtuanya kembali terjadi di Kota Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel).

Pada hari Selasa (25/2/2020), warga Lorong Budi Setia, Kelurahan 7 Ulu, Kecamatan Seberang Ulu (SU) I Palembang, menemukan bayi berjenis kelamin laki-laki, yang terbungkus plastik hitam di dalam kotak kardus.

Bayi dengan wajah menggemaskan itu, ditemukan warga di bawah tangga rumah salah satu warga. Tidak ada sedikit pun suara tangisan bayi itu, membuat warga keheranan.

Nurjanah, pemilik rumah mengatakan, sekitar pukul 05.30 WIB tetangganya berkumpul di bawah tangga rumahnya.

"Saya keluar rumah dan ingin melihat ada apa di depan rumah saya. Para warga bilang ada bayi di bawah tangga rumah saya,” ucap warga Palembang ini.

Namun, selama berada di dalam rumahnya, Nurjanah tidak mendengar suara tangisan sama sekali, apalagi tangisan bayi menggemaskan itu.

Karena merasa cemas dengan kondisi bayi tersebut, para warga langsung membawa bayi itu ke klinik terdekat. Mereka ingin memastikan, apakah bayi tersebut sehat atau mengalami gangguan kesehatan selama berada di luar ruangan.

Warga juga melaporkan penemuan bayi menggemaskan itu, ke Mapolsek SU I Palembang. Petugas kepolisian langsung mendatangi klinik tersebut dan melihat bayi yang ditemukan itu. Sedangkan, barang bukti plastik hitam dan kardus, diamankan petugas kepolisian ke Mapolsek SU I Palembang.

Kanit Intel Polsek SU I Palembang Ipda Nova Ediestira mengatakan, pihaknya sedang menyelidiki identitas orangtua pemilik bayi, terutama dari barang bukti yang ditemukan.

Ketika melihat lucunya bayi tersebut, dia langsung mengumandangkan azan ke telinga bayi laki-laki ini. Ipda Nova Ediestira tergerak untuk mengadopsi bayi yang dibuang orangtuanya tersebut.

"Silakan kalau ada orang tua bayi itu. Tentunya polisi juga akan menyelidiki apakah ada unsur kesengajaan bayi itu dibuang atau ada hal lainnya, seperti misalnya diculik atau apa," ucapnya.

Pihak Polsek SU I Palembang akan menunggu selama tiga hari ke depan. Jika memang tidak ada yang yang mengaku sebagai orangtua bayi tersebut, Ipda Nova Ediestira dengan senang hati akan membawa pulang bayi tersebut.

Menurutnya, kondisi bayi tersebut masih membutuhkan asupan ASI. Sedangkan, istrinya juga masih menyusui anaknya yang masih bayi.

 

2 dari 2 halaman

Kondisi Bayi Sehat

Polisi Palembang akan Adopsi Bayi Menggemaskan yang Terbungkus Plastik Hitam
Perbesar
Bayi menggemaskan berjenis kelamin laki-laki ini, ditemukan warga Palembang di bawah tangga rumah warga di Lorong Budi Setia, Kelurahan 7 Ulu, Kecamatan Seberang Ulu (SU) I,Palembang (Liputan6.com / Nefri Inge)

"Kalau memang tidak ada orangtuanya, saya dan istri siap mengadopsi bayi ini. Akan kami rawat seperti anak kami sendiri, kebetulan istri sedang menyusui anak saya,” ucapnya.

Sementara bidan Klinik KB Aulia tempat bayi dirawat, Zubaidah Rusman mengatakan, bayi malang tersebut dalam kondisi sehat tanpa kurang suatu apa pun.

Saat warga membawa dan menyerahkan bayi tersebut ke kliniknya, para perawat langsung memotong tali pusar bayi tampan tersebut.

"Kondisi bayi ini sudah kami periksa dan sehat, dan sudah kami timbang. Adapun berat badan bayi itu 2,5 kilogram sudah sesuai dengan umurnya yang diperkirakan baru satu hari," katanya.

Penemuan bayi tersebut langsung menjadi viral di media sosial (medsos). Seperti diunggah akun Instagram @palembangwikwikwik pada Selasa pagi. Para warganet langsung merespon penemuan bayi tersebut.

"Aku pengen punya anak lagi, sampai sekarang belum dapat-dapat. Eh orang dikasih mudah punya anak, malah dibuang, miris nian," tulis akun Instagram @mama_naina10.

 

Simak video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓