Waspada, Malaria Menyerang 4 Desa di Minahasa Tenggara

Oleh Liputan Enam pada 25 Feb 2020, 09:00 WIB
Diperbarui 25 Feb 2020, 09:00 WIB
Liputan 6 default 5
Perbesar
Ilustraasi foto Liputan 6

Liputan6.com, Minahasa Tenggara - Dinas Kesehatan Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara terus melakukan penanganan penyakit malaria yang menyerang empat desa di Kecamatan Ratahan Timur.

"Kami masih melakukan penanganan serius wabah malaria di Wioi Raya yang terdiri empat desa. Sampai akhir pekan lalu sudah ada 16 kasus," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Minahasa Tenggara Helni Ratuliu di Ratahan, Minggu, dikutip Antara.

Pihaknya telah melakukan penelitian epidemiologi di wilayah Desa Wioi terkait dengan penyebaran penyakit malaria yang menjangkit warga.

Upaya awal yang dilakukan Dinas Kesehatan setempat saat ini yaitu melakukan penanganan awal penyebaran penyakit tersebut dengan membagi kelambu dan pengasapan di empat desa tersebut.

"Selain itu kami juga terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk terus membersihkan lingkungan tempat tinggalnya, karena hal tersebut dapat mencegah berkembangnya penyakit malaria," kata dia.

Pihaknya akan terus memantau kondisi para warga yang dalam perawatan di sejumlah fasilitas medis akibat terkena penyakit itu.

"Untuk para pasiennya kami terus memantau. Ada juga sebagian dari 16 orang ini sudah dipulangkan dari rumah sakit," kata dia.

Keempat desa yang diserang penyakit malaria tersebut, yaitu Wioi, Wioi Satu, Wioi Dua, dan Wioi Tiga. (AMA/PNJ)

2 dari 2 halaman

Simak Video Pilihan Berikut:

Lanjutkan Membaca ↓