Sukses

Cerita Petugas Damkar Bandung Tangkap Ular Weling di Balik Mesin Cuci

Petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Bandung menangkap seekor ular jenis weling yang masuk ke permukiman warga.

Liputan6.com, Bandung - Petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Bandung menangkap seekor ular jenis weling yang masuk ke permukiman warga. Ular weling tersebut dilihat pertama kali oleh Didi, salah seorang warga  yang tinggal di Jalan Bojong, Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung.

"Kejadiannya malam tadi, pemilik rumah melaporkan posisi ular berada di dekat mesin cuci," kata petugas Pusdalops regu I Disdamkar Kabupaten Bandung Bima Pratama, Minggu (23/2/2020).

Bima menuturkan, petugas Disdamkar mendatangi lokasi temuan ular sekitar pukul 19.53 WIB. Saat tiba di lokasi, petugas lantas berkoordinasi dengan pemilik rumah.

"Awalnya, menurut pemilik rumah ada dua ular. Tapi saat tiba di lokasi hanya satu ular yang berhasil dievakuasi," ucapnya.

Bima menjelaskan, penangkapan dilakukan menggunakan stick lap pel. Hal itu dikarenakan tim rescue saat bersamaan sedang mengevakuasi sarang tawon. meski begitu penangkapan ular berbisa itu tetap berjalan lancar.

Usai menangkap ular Weling tersebut, petugas lalu menyisir rumah Didi dengan harapan bisa menemukan seekor ular yang dilaporkan Didi sebelumnya. Namun sayang, ular yang dimaksud pemilik tidak ditemukan.

"Pemilik rumah juga menyebutkan dalam kurun waktu dua bulan terakhir ada 13 ekor anak ular yang ditangkap," kata Bima.

Lokasi rumah Didi memang berada di antara kebun, sawah dan selokan kecil. Posisi ular weling yang dievakuasi petugas saat ini berada di Mako Disdamkar Kabupaten Bandung. Rencananya ular tersebut akan diserahkan kepada komunitas reptil.

"Kalau berhasil dievakuasi biasa kita serah terima ke komunitas ular. Nanti yang rilis dari mereka," ucapnya.

Bima juga mengimbau agar masyarakat menjaga kebersihan lingkungan. Hal itu bertujuan agar tidak memicu tempat-tempat yang menarik perhatian ular termasuk Weling. Banyaknya sudut gelap akan menjadi tempat favorit ular karena dianggap sebagai tempat berlindung dan mencari mangsa.

Simak video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.