Sukses

Membangun Budaya Kerja dan Guyub ala IKA Undip Kalimantan Barat

Peran masing-masing anggota alumni UNDIP diharapkan dapat membantu kerja Pemerintah Daerah, misalnya dalam menggerakkan pembangunan khususnya pembangunan ekonomi, kawasan industri yang ada di Kalimantan Barat.

Liputan6.com, Pontianak - Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Ikatan Alumni Universitas Diponegoro (IKA UNDIP) daerah Kalimantan Barat masa bakti 2020-2025 resmi dilantik pada Sabtu (22/2/2020) di Gedung Rektorat Universitas Tanjungpura, Pontianak. Pelantikan dipimpin langsung oleh Ketua Umum IKA Undip, Maryono.

Prosesi pelantikan didampingi oleh Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji dan Walikota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono. Dengan pelantikan ini berarti sudah ada 19 DPD IKA UNDIP yang tersebar di Indonesia.

Maryono menyampaikan rasa bangga atas dilantiknya pengurus baru. Terlebih, Ketua DPD IKA UNDIP Kalimantan Barat ini disandang oleh Prof Dr Garuda Wiko, selaku Rektor UNTAN.

"Artinya, para alumni UNDIP sudah memegang suatu peran, berkontribusi termasuk sebagai orang-orang yang berhasil di dalam kancah event-event di Indonesia ini," ungkap Maryono.

Maryono berharap terbentuknya DPD IKA UNDIP Kalimantan Barat ini dapat menjadi wadah alumni untuk berkumpul, berjejaring dan saling membantu satu sama lain.

"Sehingga kita yang budaya kerja, guyup, solid dan gayeng ini bisa terwujud," ucapnya.

Maryono menambahkan, peran masing-masing anggota alumni UNDIP diharapkan dapat membantu kerja Pemerintah Daerah, misalnya dalam menggerakkan pembangunan khususnya pembangunan ekonomi, kawasan industri yang ada di Kalimantan Barat. Selain itu juga bisa berkontribusi dalam sumbangsih kajian untuk pembangunan ekonomi di kawasan industri di Kalimantan Barat.

Sementara itu, Ketua terpilih, Prof Dr Garuda Wiko berharap para alumni UNDIP yang ada di Kalimantan Barat dapat menjalin dan memperkuat silaturahmi.

Dibentuknya kepengurusan ini, kata Wiko, menjadi suatu awal dalam peran para alumni UNDIP untuk membantu program-program kerja Pemerintah Provinsi, Kota, maupun Kabupaten yang ada diseluruh Kalimantan Barat.

"Karena kita memiliki alumni yang mempunyai keahlian diberbagai bidang," jelas alumnus Doktoral UNDIP angkatan 2006 yang menyandang predikat cum laude ini.

Selain pelantikan, dalam kesempatan tersebut juga digelar Talkshow bareng Gubernur Kalimantan Barat bertajuk ‘Kalbar Menuju Kawasan Industri’. Dalam paparannya, Gubernur Mudji, sapaan akrabnya, menyampaikan bahwa Kalimantan Barat kini sudah menuju kawasan industri, tinggal menunggu realisasi.

"Sudah ada smelter di Kabupaten Ketapang, saat ini sedang direalisasikan smelter yang di Sungai Kunyit Kabupaten Mempawah," ujarnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.