Sukses

Lokomotif Uap Satu-Satunya di Dunia Bakal Jadi Kereta Wisata di Solo

Lokomotif tipe D1410 yang yang menjadi kereta wisata di Solo merupakan satu-satunya lokomotif uap tipe D14 yang masih beroperasi di dunia.

Liputan6.com, Solo PT Kereta Api Indonesia (KAI) meresmikan lokomotif uap kuno tipe D1410 sebagai kereta wisata di Solo, Minggu, 16 Februari 2020.  Lokomotif tersebut cukup spesial, lantaran keberadaan lokomotif dengan tpe D14 itu kini hanya tinggal satu di dunia, yakni di Solo yang bakal beroperasi sebagai kereta wisata.

Lokomotif uap itu tampak melintas di jalur rel yang terletak di tengah Kota Solo untuk pertama kalinya usai proses restorasi selesai dilakukan di Balai Yasa Yogyakarta. Tak seperti biasanya, hiasan rangkaian bunga melati tampak mengalung di bagian depan lokomotif berwarna hitam legam itu.

Saat menyusuri jalur rel di pinggir Jalan Slamet Riyadi itu, pesona lokomotif uap buatan Hanomag, Jerman tahun 1921 itu mencuri perhatian masyarakat yang beraktifitas di car free day jalan utama Kota Solo. Merekaberadu cepat untuk bisa mengabadikan momen langka itu dengan kamera telepon seluler.

Lokomotif yang memiliki panjang 12,6 meter itu terlihat menarik dua kereta yang bercat kombinasi hijau dan putih. Kereta wisata yang ditarik juga bukan sembarang kereta karena merupakan kereta tua batan pabrikan Beynes, Belanda tahun 1938 silam. Tak pelak, kemunculan rangkaian lokomotif uap berbahan bakar kayu lengkap dengan kereta itu kedepannya dapat menjadi daya tarik wisata Solo.

Peresmian lokomotif uap D1410 sebagai kereta wisata dihadiri langsung Diirektur Utama (Dirut) PT KAI, Edi Sukmoro, Kepala PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Edi  Purwanto dan jajaran pejabat PT KAI. Sedangkan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Solo diwakili oleh Wakil Wali Kota Solo, Achmad Purnomo.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Satu-Satunya di Dunia

Pengguntingan pita bunga melati dan pemecahan kendi yang dilakukan Dirut PT KAI bersama Wakil Wali Kota Solo menandai diresmikannya lokomotif uap kuno itu sebagai kereta wisata di Solo mendampingi kereta uap sebelumnya yang telah beroperasi, Sepur Klutuk Jaladara. Selanjutnya para pejabat dan tamu undangan langsung naik ke rangkaian lokomotif itu untuk menjajal dan merasakan sesnsai naik kereta wisata uap hingga Stasiun Sangkrah.

Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro mengatakan pengoperasian lokomotif uap sebagai kereta wisata merupakan hasil kerjasama antara PT KAI dengan Pemkot Solo. Adanya kerjasama itu kini PT KAI menyediakan dan memperbaiki lagi kereta-kereta zaman dulu seperti halnya lokomotif uap dengan nomor lambung D1410.

"Ini usianya 99 tahun. Kalau orang (dengan usia) itu mungkin juga sudah langka," kata dia di Solo, Minggu, 16 Februari 2020.

Untuk menghidupkan lagi lokomotif uap kuno itu bukan perkara mudah. Lantas, Edi pun mengerahkan sejumlah anak buahnya untuk memperbaiki lokomotif langka itu. Bahkan, ia juga melibatkan sejumlah karyawan yang telah pensiun untuk diperbantukan dalam perbaikan tersebut.

"Ini ternyata saya punya teman-teman dari kereta api, bukan cuma yang aktif tapi yang sudah pensiun pun turun tangan untuk memperbaiki ini supaya jalan," ungkapnya.

Menurut Edi, dari keseluruhan lokomotif tiper D14, tercatat hanya tingal satu unit, yakni D1410 yang saat ini telah berhasil beroperasi dan menjadi kereta wisata di Solo.

"Loko ini sebenarnya di dunia sudah nggak ada lagi dan tinggal satu. Satu pun waktu itu nggak jalan dan yang ini jalan," katanya bangga.

Simak video pilihan berikut:

3 dari 4 halaman

Proses Restorasi

Selanjutnya lokomotif uap itu akan dimanfaatkan sebagai kereta wisata. Dengan demikian diharapkan para turis lokal maupun mancanegara bisa menikmati kereta tersebut sambil mengenang sejarah masa lalu.

"Jalannya (kereta) memang untuk tamasya atau untuk pariwisata sehingga teman-teman wisatawan bisa mengingat masa lalu," ucapnya.

Sementara itu, Kepala PT KAI Daop 6 Yogyakarta Eko Purwanto menjelaskan Direktur Utama PT KAI memerintahkan untuk merestorasi lokomotif uap dengan nomor lambung D1410 pada tahun 2018 lalu. Hal ini dilakukan lantaran lokomotif tersebut tinggal satu-satunya yang tersisa.

"Pada saat itu 2018-an, kami diperintahkan untuk merestorasi pye carane iku iso (bagamaina caranya biar bisa) operasi karena tinggal satu-satunya. Itu perintahnya sangat simpel dan jelas," kata dia.

Kemudian, lokomotif uap kuno yang sempat mangkrak setelah tiba di Solo dari TMII itu lantas diangkut ke Yogyakarta untuk direstorasi di Balai Yasa. Restorasi itu dilakukan sendiri oleh tenaga-tenaga dari PT Kereta Api.

"Selain pekerja yang masih berdinas, kami juga memanggil ahli-ahli yang dulu mengerjakan loko uap dan  mengoperasikan loko uap yang sudah purna dan masih enerjik untuk diajak bertukar pikiran," jelas dia.

4 dari 4 halaman

Daya Tarik Wisata

Perbaikan lokomotif uap itu pun membutuhkan waktu sekitar sembilan bulan mulai dari Februari hingga September. Sedangkan uji coba dilaksanakan pada bulan November 2019 lalu dengan hasil yang menggembirakan lantara bisa kembali menyala dan beroperasi.

"Dan yang menarik kemarin kami jalankan secara normal dari Yogyakarta ke Solo setelah sekian puluh tahun tidak dilewati loko uap. Kemarin pertama kali dilewati loko uap adalah pengiriman dari Yogya ke Solo," ucapnya bangga.

Wakil Wali Kota Solo, Achmad Purnomo sangat menyambut baik dengan karena PT KAI menghibahkan lokomotif uap kepada Pemkot Solo. Pasalnya, lokomotif tersebut bakal melengkapi kereta uap yang telah dimiliki Pemkot Solo, yakni kereta uap atau Sepur Klutuk Jaladara.

"Ini sungguh sangat luar biasa karena akan melengkapi pariwista Kota Solo," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.