Sukses

Memburu Emas Lembah Posong

Inilah salah satu spot golden sunrise terbaik Jawa Tengah.

Liputan6.com, Temangggung - Pagi belum muncul dengan sempurna, hawa pegunungan yang dingin cukup membuat badan agak gemetar. Aroma biji kopi, dan sesekali kembang kopi melengkapi sinar emas dari timur.

Menanti "Golden Sunrise" pagi hari di lembah Posong Temanggung selalu menggembirakan. Selamat datang di salah satu spot sunrise terbaik di Jawa Tengah.

Lembah Posong berada Desa Tlahab, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung Jawa Tengah. Diapit dua Gunung Kembar, lembah posong menawarkan panorama eksotis. Syahdu kata anak jaman now.

Mila Chandra, salah satu pengunjung sejak gelap sudah berada di Posong. Ia menunggu sensasi ritual penyambutan matahari pertama. Perlahan tapi pasti, matahari menampakkan sinarnya. Semburat jingga keemasan, di kelilingi awan seperti kapas.

“Ini seperti di negeri atas awan. Pengalaman pertamaku, dan langsung jatuh cinta sama pemandangan pagi," kata Mila Candra.

 

simak video pilihan berikut

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hakekat Rejeki

Pengelola obyek wisata alam Posong, Zuniyanto menuturkan  para pengunjung yang datang ke Posong tak hanya wisatawan lokal, namun ada yang berasal dari luar daerah bahkan turis mancanegara. Jika  hari libur, jumlah pengunjung di wisata ini mencapai 1000 hingga 2000 pengunjung.

"Posong, paling rame itu di pagi hari. Makanya banyak pengunjung datang buat lihat emas di posong. Emas itu maksudnya golden sunrise," kata Zuniyanto

Tak heran, jika emas posong ini dapat mendongkrak perekonomian warga sekitar melalui suguhan panorama indah terbitnya matahari.

Wati, pedagang kopi dan camilan di obyek wisata posong menyebut bahwa ia sudah berjualan sejak dini hari. Rejeki memang datang 24 jam, tergantung manusianya saja apakah ia jeli menjemputnya.

"Ya Alhamdulillah, selalu rame warung saya dari dini hari sampai pagi. Ini, buat nyuguhin yang pada mau lihat matahari terbit,” kata Wati

Posong berjarak sekitar 26 KM dengan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan dari pusat Kota Temanggung. Cukup dengam merogoh kocek sepuluh ribu rupiah saja, pengunjung dapat menikmati indahnya semburat emas, matahari terbit terbaik di Jawa Tengah.

(Sheyla Al Kautsar/PWN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.