Sukses

Ketika Gemercik Curug Sigay Jadi Alarm Penyemangat Pagi Warga Isola Bandung

Kelurahan Isola, Ahmad Nurhasan menyebutkan bahwa kelurahan ini mempunyai potensi desa wisata yang belum terlalu terkenal, salah satunya Curug Sigay.

Sukasari - Kelurahan Isola, Kota Bandung merupakan permukiman padat penduduk yang ternyata memiliki potensi desa wisata dan belum banyak diketahui orang.

Kelurahan Isola tercatat memiliki penduduk sebanyak 14.220 orang dan mayoritas masyarakatnya bekerja di bidang perdagangan dan jasa.

Sekretaris Kelurahan Isola, Ahmad Nurhasan menyebutkan bahwa kelurahan ini mempunyai potensi desa wisata yang belum terlalu terkenal, salah satunya Curug Sigay.

Curug Sigay lokasinya berada di tengah-tengah permukiman warga RT 04 RW 06. Meskipun akses jalan ke curug ini hanya bisa dilewati oleh kendaraan beroda dua ternyata pemandangannya masih asri dan debit airnya pun terbilang deras seperti air terjun pada umumnya.

Dengan ketinggian sekitar 15 meter ini banyak warga sekitar yang memanfatkan curug ini sebagai tempat berkumpul dan melakukan kegiatan sosial. Seperti baru-baru ini kelurahan Isola mengadakan kegiatan belajar menari di kawasan Curug Sigay.

Mengalir dari Sungai Cibeureum, air terjun yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Bandung Barat ini terbentuk dari lava yang mendingin hasil letusan Gunung Pra-Sunda.

Curug ini belum resmi dijadikan destinasi wisata karena akses jalan dan kebersihan air curug yang sering kotor akibat kiriman limbah dari Lembang.

"Targetnya kalau Curug Sigay dijadikan destinasi, masyarakatnya mau enggak mau harus mau bersaing dalam artian jualan di situ dan kita juga akan bekali latihan. Tapi kendalanya itu di akses jalan menuju curug karena di tengah permukiman warga," tutur Ahmad Nurhasan.

 

Baca berita menarik lainnya di Ayobandung.com.

(AMA/PNJ)

Simak Video Pilihan Berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.