Sukses

Mitos Terowongan yang Hubungkan Gedung Isola UPI dengan Gedung Sate

Di balik keindahan dan kemegahan gedung ini ternyata menyimpan mitos yang merebak di masyarakat.

Sukasari - Mitos merupakan suatu hal yang belum pasti kebenarannya, seperti mitos terowongan yang ada di Villa Isola Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Bagi mahasiswa UPI sudah tidak asing lagi dengan Villa Isola. Villa Isola merupakan gedung ikon UPI yang terletak di Jalan Dr Setiabudi Nomor 229.

Dengan gaya arsitektur Art Deco dengan cat putih, Villa ini menarik minat banyak orang untuk melakukan sesi preweding atau hanya sekedar berfoto untuk menghiasi profil media sosial.

Namun di balik keindahan dan kemegahannya, gedung ini ternyata menyimpan mitos yang merebak di masyarakat.

"Pernah denger sih katanya isola punya trowongan yang panjang terus nyambung ke gedung sate gitu tapi gak tau bener apa engga," tutur Eva Musdalifah (21), Mahasiswi UPI.

Keberadaan terowongan tersebut diakui oleh salah satu anggota Pengamanan Dalam Isola, Sutisna (40) seperti dikutip Ayobandung.com.

"Terowongan itu memang ada tapi saat ini saya belum bisa ngasih jawaban pasti karena sedang dalam penelitian mengenai panjangnya. Sekarang ditutup karena banyak reptil yang membahayakan orang yang masuk terowongan itu," kata Sutisna beberapa waktu lalu. 

Terowongan tersebut dulunya dijadikan sebagai jalan pintas menuju basement dan menjadi tempat penyimpanan senjata seperti bazoka, senjata tajam, dan helem baja yang saat ini disimpan di Museum Pendidikan Nasional, UPI.

Mitos panjang terowongan tersebut merebak karena banyaknya masyarakat yang berasumsi dan berekspektasi mengenai terowongan tersebut. Namun hingga saat ini belum ada jawaban resmi untuk membantahkan asumsi tersebut. (AMA/PNJ) 

Baca berita menarik ayobandung lainnya.

Simak Video Pilihan Berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.