Sukses

Kemarau Panjang, Tiga Kecamatan di Aceh Kesulitan Air Bersih

Tiga kecamatan di Kabupaten Aceh Jaya mengalami kekeringan sejak Rabu kemarin akibat kemarau berkepanjangan, berikut beritanya:

Liputan6.com, Aceh - Tiga kecamatan di Kabupaten Aceh Jaya mengalami kekeringan sejak Rabu (12/2/2020). Warga kesulitan mendapatkan air bersih untuk keperluan sehari-hari saat ini.

Staf Pusat Data dan Informasi Badan Penangggulangan Bencana Aceh (BPBA), Haslinda Juwita, mengatakan bahwa kejadian kekeringan terjadi di tujuh gampong. Penyebabnya adalah kemarau panjang yang melanda kabupaten itu belakangan ini.

Nama-nama gampong terdampak yakni, Lhok Geulumpang, Sawang, Lhok Bot, Blang Mon Lueng, Meunasah Kulam, Pulo Raya, Crak Mong, dan Gle U. Ketujuh gampong tersebar di tiga kecamatan, yakni, Setia Bakti, Sampoiniet, dan Indra Jaya.

Persediaan air bersih di tiga kecamatan itu kini berada dalam tanggung jawab sejumlah instansi terkait. Ada dua mobil tangki berisi air yang datang berkala untuk menyuplai air ke kecamatan tersebut di mana warga telah menunggu dengan tandon, jeriken dan wadah penampung lain.

"Pemerintah berupaya untuk merencanakan membangun sumur bor agar mengurangi dampak kekeringan," kata Haslinda, dalam keterangan resmi diterima Liputan6.com, Kamis malam.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.