Sukses

Akhir Petualang Penjahat Spesialis Pencuri Kotak Amal Masjid di Garut

Pelaku telah menjalankan aksinya hingga di 30 masjid dengan hasil Rp500 ribu hingga jutaan rupiah per hari.

Liputan6.com, Garut - Setelah berkelana ke puluhan masjid di Garut, Jawa Barat, Enung alias Hadin, penjahat spesialis pencuri kotak amal di masjid, akhirnya dilumpuhkan jajaran Kepolisian Resort, Garut.  

Berbekal rekaman CCTV di salah satu masjid yang menjadi korban aksi jahat pelaku, petugas reserse kriminal polres Garut, langsung melakukan pencarian hingga akhirnya dilumpuhkan.

"Pelaku akhirnya kami ringkus di rumahnya di wilayah kecamatan samarang," ujar Kasat Reskrim Polres Garut AKP Maradona Armin Mapasseng, Selasa (11/2/2020).

Menurutnya, dalam sepekan terakhir pelaku sudah menjadi target petugas setelah banyaknya laporan warga, terutama pengurus masjid yang menjadi korban, atas aksi pencurian isi kotak amal yang dilakukan pelaku.

Dalam aksinya yang dilakukan di beberapa masjid kecamatan Garut Kota, Samarang, Tarogong Kidul, Bayongbong dan Samarang, pelaku sengaja berpura-pura melakukan sholat sunat, hingga akhirnya melakukan aksi pembobolan kotak amal.

"Dia biasanya beroperasi sekitar pagi hari ketika kondisi mesjid sepi," kata dia.

Di hadapan penyidik, pelaku mengaku dalam sekali aksi bisa menghasilkan uang Rp 500 ribu hingga jutaan rupiah sehari, untuk selanjutnya digunakan untuk berfoya-foya.

Pelaku ujar Maradona, sengaja membongkar kotak amal dengan cara mendobrak dan merusak kunci gembok kotak amal, menggunakan alat dari besi.

"Pelaku terpaksa kami lakukan tindakan tegas, karena berusaha melawan petugas saat diamankan," katanya.

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.