Sukses

Cirebon Kembali Dirundung Banjir

Cuaca ekstrem dan intensitas hujan yang cukup lama menjadi salah satu penyebab banjir yang terjadi di Cirebon dalam beberapa hari terakhir ini

Liputan6.com, Cirebon - Tingginya intensitas hujan dengan durasi lebih dari dua jam di Cirebon menyebabkan beberapa wilayah di Cirebon banjir. Akhir pekan ini, banjir menggenangi sejumlah pemukiman di Kota dan Kabupaten Cirebon.

Terlebih, hujan terus mengguyur wilayah Pantura, Jawa Barat sejak beberapa hari lalu. Banjir menggenangi pemukiman di sebelah utara, barat dan selatan Cirebon.

"Ini yang terparah dari beberapa peristiwa banjir hari kemarin ratusan rumah terendam dan sungai dari pagi sampai siang terus meluap," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Cirebon, Dadang Suhendra, Sabtu (8/2/2020).

Banjir di Desa Wanakaya Kecamatan Gunung Jati Kabupaten Cirebon tersebut bermula dari hujan yang mengguyur selama kurang lebih empat jam sejak Jumat malam.

Guyuran hujan deras itu menyebabkan Sungai Condong meluap dan hampir mencapai ketinggian satu meter. Dadan mengatakan, air yang meluap juga akibat kiriman dari sungai di atasnya.

"Warga terdampak banjir dari pendataan kami ada 3 Rw kalau rumah ada 600 unit terendam. Tim SAR gabungan langsung turun ke lokasi melakukan evakuasi warga posko darurat," kata dia.

Dia mengatakan, tingginya luapan air juga disebabkan tanggul penahan tanah di Sungai Condong jebol. Ditambah lagi, banjir kiriman dari sungai yang ada di hulu.

Dadan menyebutkan, Sungai Condong merupakan muara dari kumpulan sungai yang ada di Cisoka Cirebon. Untuk mengantisipasinya, warga bersama Tim SAR gabungan akan bekerja bakti menutup tanggul yang jebol.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

20 Kecamatan Terdampak Banjir

"Sementara ditutup pakai pagar dan tumpukan karung yang berisi pasir agar bisa menahan air," ujar dia.

Namun begitu, secara keseluruhan banjir yang menggenangi wilayah Kabupaten Cirebon terus bertambah. Dari data yang dihimpun, terdapat 20 kecamatan di Kabupaten Cirebon yang terdampak banjir.

Dia menyebutkan, beberapa waktu sebelumnya, banjir menggenangi wilayah Kecamatan Suranenggala, Kedawung, Plumbon, Palimanan hingga Jamblang.

"Belum termasuk yang di wilayah timur data banjir akan terus kami perbaharui seiring dengan laporan yang didapat dari petugas di lapangan," kata dia.

Di Kota Cirebon, banjir menggenangi ratusan rumah sejak Jumat malam. Koordinator Pusdalpos KPBD Kota Cirebon, Aji Akbar menyebutkan, banjir menggenangi tiga kelurahan yakni Drajat, Pegambiran, Kalijaga.

Tim SAR gabungan mengevakuasi warga yang tidak sempat menyelamatkan diri dari kepungan banjir di kawasan tersebut. Aji menyebutkan, tidak ada korban jiwa pada peristiwa tersebut.

"Ratusan rumah terendam dan saat ini sudah mulai surut sementara warga mulai kembali kerumah masing-masing. Ada tiga yang sedang sakit struk satu sudah dibawa ke RSD Gunung Jati sisanya sudah kembali kerumah," ujar dia.

Saksikan video pilihan berikut ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.