Sukses

Stadion Bersejarah Jadi Tempat Latihan Peserta Piala Dunia U-20

Stadion Sriwedari menjadi satu dari empat lapangan yang dipilih untuk menjadi tempat latihan tim peserta Piala Dunia U-20 yang bakal berlaga di Stadion Manahan, Solo.

Liputan6.com, Solo - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan meninjau sejumlah lapangan pendukung latihan untuk persiapan Piala Dunia U-20 2021. Salah satu lapangan yang bakal digunakan adalah stadion bersejarah tempat penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) I.

Ketua Umum PSSI Iriawan yang biasa lebih akrab dipanggil Iwan Bule tiba di Stadion Sriwedari sekitar pukul 13.40 WIB. Kedatangan mantan Kapolda Jawa Barat itu didampingi Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria dan disambut langsung oleh jajaran pengurus Askot PSSI Solo.

Rombongan Ketua Umum PSSI memilih Stadion Sriwedari sebagai lapangan pertama yang ditinjau di Solo untuk persiapan Piala Dunia U-20. Lapangan tersebut memang memiliki historis bagi perkembangan olahraga di Indonesia lantaran menjadi tuan rumah penyelenggaraan PON I pada 1948.

"Ini juga stadion yang fenomenal dan bersejarah. Ini menjadi hal yang menarik bagi kami dan akan kami sampaikan ke FIFA," kata Iwan Bule di sela-sela meninjau lapangan Stadion Sriwedari Solo, Sabtu, 8 Februari 2020.

Saat meninjau Stadion Sriwedari, Iwan menyebutkan lapangan yang bersejarah itu merupakan satu dari lima lapangan yang bakal digunakan untuk lapangan latihan tim peserta Piala Dunia U-20. Sedangkan lapangan yang bakal digunakan untuk pertandingan di Indonesia, salah satunya Stadion Manahan.

"Stadion Manahan akan menjadi bagian dari stadion lainnya untuk bisa mengadakan perhelatan World Cup U-20. Di samping Stadion Manahan, nanti ada stadion pendukung untuk latihan, salah satunya Sriwedari," ucapnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lima Lapangan Pendukung

Selain lapangan Stadion Sriwedari, PSSI akan meninjau empat lapangan lainnya di Solo yang dipilih untuk menjadi lapangan pendukung latihan tim peserta Piala Dunia U-20.

Adapun lapangan tersebut meliputi Lapangan Kotta Barat, Sriwaru, Karangasem dan Banyuanyar.

"Untuk hari ini kita tinjau empat lapangan pendukung. Sedangkan pada besok meninjau satu lapangan dan Stadion Manahan terakhir," ucapnya.

Dari hasil peninjauan itu, ia pun menyebutkan terdapat beberapa catatan terkait fasilitas di stadion tersebut, yakni masalah rumput lapangan serta fasilitas di dalam stadion yang perlu diperbaiki.

Tak hanya itu, sebagai syarat untuk standar lapangan pendukung untuk latihan tim peserta Piala Dunia U-20, lapangan tersebut harus dilengkapi dengan fasilitas jacuzzi.

"Stadion Sriwedari kan ini tempat latihan mungkin renovasinya tidak terlalu banyak. Mungkin lapangan rumput yang secara kasat mata terlihat dan fasilitas di dalam stadion seperti kamar mandi, ruang ganti pakaian dan ruang jacuzzi," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.