Sukses

Unik, Warga Cirebon Bikin Lukisan dari Pelepah Pisang

Lebih dari 10 tahun Priyanto menggeluti seni lukis dari pelepah pisang dan biji-bijian yang ada di sekitar rumahnya untuk dijadikan hasil karya.

Liputan6.com, Cirebon - Priyanto (35) warga Desa Jatipura Kecamatan Susukan Kabupaten Cirebon mampu membuat lukisan hiasan dinding dari tumbuhan.

Batang pisang dan biji-bijian dibentuk unik dan artistik dari tangannya. Priyanto menyulap pelepah pisang dan biji-bijian menjadi lukisan indah sebagai hiasan dinding rumah.

"Sudah 10 tahun saya buat kerajinan ini dan Alhamdulillah banyak yang suka," kata dia, Rabu (5/2/2020).

Dia mengatakan, ide tersebut berawal dari banyaknya biji-bijian dan batang pisang kering yang tidak dimanfaatkan.

Bahkan, Priyanto mampu membuat lukisan indah dari kulit batang pohon kelapa, serabut buah kelapa, dan daun kelapa.

Ragam lukisan mampu dibuatnya, mulai dari lukisan wajah, bunga, pemandangan hingga kaligrafi.

"Bahannya kebanyakan pakai pelepah pisang dan biji-bijian, saya juga menggunakan kulit batang pohon kelapa, serabut kelapa dan daun kelapa," ujarnya.

Namun, dia mengaku masih bingung memasarkan produknya. Sejauh ini, Priyanto hanya membuka lapak di salah satu pasar di dekat kediamannya dan sejumlah daerah di Cirebon.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tingkat Kesulitan

Karya seni Priyanto dijual mulai dari Rp200 ribu hingga Rp700 ribu, tergantung bagaimana tingkat kesulitan dan bahan yang digunakan. "Termasuk ukuran juga saya bisa buat lukisannya," kata dia.

Dia mengaku, sebagian besar konsumen memesan lukisan wajah kepada Priyanto.

Namun, untuk membuat lukisan dengan ukuran yang besar membutuhkan waktu yang cukup lama. "Lukisan yang paling banyak diminati oleh pembeli yakni lukisan berukuran 30x40 cm," sebut dia.

Saksikan video pilihan berikut ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.