Sukses

Cerita Mahasiswa FK di China Asal Bulukumba Tak Ikut Rombongan Evakuasi

WNI asal Bulukumba itu diketahui tercatat sebagai mahasiswa Fakultas Kedokteran di Hubei University of Science and Technology itu mengaku lokasi domisilinya masuk dalam urutan ke-4 penyebaran wabah virus corona tersebut.

Liputan6.com, Bulukumba - Nadia, satu di antara warga Indonesia tepatnya asal Kabupaten Bulukumba, Sulsel yang hingga saat ini belum dievakuasi oleh Pemerintahan Indonesia keluar dari negara China usai merebaknya wabah virus corona yang berpusat di Kota Wuhan.

Dia yang diketahui tercatat sebagai mahasiswa Fakultas Kedokteran di Hubei University of Science and Technology itu mengaku lokasi domisilinya masuk dalam urutan ke-4 penyebaran wabah virus corona tersebut.

"Saya berada di Kota Xinxiang, Provinsi Henan yang jaraknya lumayan jauh dari Wuhan sekitar 513 kilometer. Tapi provinsi tempat saya sudah di urutan ke-4 penyebarannya," kata Nadia via pesan singkat dengan Liputan6.com, Selasa (4/2/2020).

Ia mengaku telah mengetahui adanya upaya evakuasi oleh Pemerintah Indonesia terhadap warga Indonesia yang berada di China.

"Cuma yang dievakuasi itu yang hanya berada di pusat penyebaran Wuhan dan sekitarnya," tutur Nadia.

Ia berharap proses evakuasi oleh pemerintah Indonesia selanjutnya bisa melebar ke daerah-daerah lainnya yang tentunya daerah yang sudah terkena dampak penyebaran wabah virus corona tersebut.

"Sementara ini kami masih bertahan dengan fasilitas yang ada," ucap Nadia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Evakuasi 10 WNI Asal Sulsel

Sebelumnya, tercatat sudah ada sekitar 10 orang warga Indonesia asal Provinsi Sulsel yang telah dievakuasi dengan selamat tiba di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar, Minggu 2 Februari 2020.

Ada 10 orang warga asal Sulsel yang diketahui identitasnya masing-masing bernama Lasdinar Rahmati, Putri Nurhisiyah Madyajamil, Syahratulwilda Sirajuddin, Sry Wahyuni, Gregoria Talitharante Allo, Mega Anggreni, Dea Erlenda Gorri, Esti Wulandari Karim, Mira Belivan Ali Taufik dan Pacinongi Tenriampa itu dikabarkan masih berstatus mahasiswa Fakultas Kedokteran di University Medical, Kota Chongqing, China.

"Setelah melalui pemeriksaan menggunakan alat thermal scanner atau pendeteksi suhu panas tubuh manusia saat tiba di bandara kemarin, mereka dinyatakan tidak terpapar atau terjangkit wabah virus corona," kata Kepala Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Makassar, Darmawan Handoko.

Meski demikian, kata dia, para mahasiswa yang dievakuasi tersebut tetap dipantau atau menjalani proses karantina secara mandiri di rumah masing-masing.

"Hasil pemeriksaan kemarin baik suhu badannya itu hasilnya negatif. Tapi tetap protapnya ikuti tahapan karantina mandiri," jelas Darmawan.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.