Sukses

Tahun Ini, Ratusan Miliar Digelontorkan untuk Perbaikan Jalan di Ibu Kota Baru

Perbaikan dan peningkatan infrastruktur di Penajam Paser Utara dan persiapan pemindahan ibu kota negara.

Liputan6.com, Penajam Paser Utara - Peningkatan dan perbaikan infrastruktur jalan di wilayah empat kecamatan Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, yang akan dikerjakan pada 2020 dianggarkan sekitar Rp152 miliar.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang atau PUPR Kabupaten Penajam Paser Utara, Edi Hasmoro saat ditemui di Penajam mengatakan, perbaikan dan peningkatan infrastruktur jalan kabupaten akan dikerjakan secepatnya.

Proyek perbaikan dan peningkatan infrastruktur jalan di wilayah empat kecamatan tersebut menurut dia, dibiayai melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah atau APBD murni 2020, DAK (dana alokasi khsusus) serta dari bantuan keuangan (bankeu).

"Telah dialokasikan sekitar Rp152 miliar untuk perbaikan dan peningkatan jalan di seluruh kecamatan di wilayah Penajam Paser Utara yang akan dikerjakan pada 2020," ujar Edi Hasmoro, Selasa (4/2/2020), dilansir Antara.

Dana lebih kurang Rp152 miliar tersebut rinciannya berasal dari APBD murni 2020 Kabupaten Penajam Paser Utara sekitar Rp58 miliar, DAK berkisar Rp35 miliar, dan dari bankeu sekitar Rp59 miliar.

Anggaran tersebut, lanjut Edi Hasmoro, dipergunakan untuk melakukan perbaikan dan peningkatan infrastruktur jalan di setiap kecamatan di wilayah Penajam Paser Utara.

"Semua paket pengerjaan perbaikan dan peningkatan jalan di seluruh kecamatan itu sudah tercantum atau masuk APBD 2020, jadi tinggal secepatnya dilakukan proses pengerjaannya," ucapnya.

"Pengerjaan jalan di setiap kecamatan itu dilakukan terhadap infrastruktur jalan yang memang benar-benar memerlukan perbaikan dan peningkatan," jelas Edi Hasmoro.

Perbaikan dan peningkatan infrastruktur jalan di wilayah empat kecamatan Kabupaten Penajam Paser Utara tersebut kata dia, sekaligus persiapan pemindahan ibu kota negara Indonesia, ke wilayah Provinsi Kalimantan Timur.

Presiden Joko Widodo telah mengumumkan dan menetapkan, bahwa ibu kota negara akan dipindahkan ke sebagian di wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

(Nadiyah Fitriyah / PNJ)

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.