Sukses

Repotnya Dokter Cirebon Layani Permintaan Pasien Melahirkan di Tanggal Cantik

Tanggal cantik kerap menjadi kesempatan masyarakat untuk membuat momen penting baik untuk pernikahan hingga kelahiran bayi

Liputan6.com, Cirebon - Tanggal 2-2-2020 menjadi kesempatan masyarakat untuk menciptakan momen spesial yang akan selalu diingat seumur hidup.

Seperti yang dialami 13 bayi yang ada di RS ibu dan anak Cahaya Bunda Cirebon. Bayi yang sudah dianggap cukup dalam usia kandungannya itu lahir di tanggal cantik.

"Dari data kami ada 13 hanya yang satu itu masih calon bayi karena lahirnya diprediksi normal dan Sabtu malam kemarin mulai diinduksi," kata salah seorang dokter spesialis kandungan dan pemilik RSIA Cahaya Bunda Cirebon Yasmin Dermawan, Minggu (2/2/2020).

Yasmin mengaku sudah mempersiapkan semua fasilitas untuk melayani pasien yang akan lahir di tanggal cantik. Bahkan, Yasmin mengaku ada pasien yang meminta lahir di tanggal dan jam yang sama, 2-2-2020 jam 02.00 WIB.

Yasmin mengaku ragam permintaan pasien untuk melahirkan anak di tanggal cantik menjadi tantangan tersendiri. Namun demikian, dia memastikan pasien yang akan melahirkan anaknya tersebut sudah masuk kriteria usia kandungan.

"Sudah masuk usia kandungan 37 sampai 38 minggu dan sebagian besar pasien itu sesar. Mereka juga punya riwayat sesar sebelumnya," kata Yasmin.

Dari kecukupan usia kandungan dan riwayat sebelumnya tersebut, pasien banyak meminta untuk lahir di tanggal cantik ini.

Yasmin mengaku, selain melayani kelahiran bayi di tanggal cantik, RSIA juga akan melakukan tindakan Tubektomi (Mow) dan sterilisasi untuk pasien yang sudah memiliki riwayat sesar.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Permintaan Pasien

Yasmin menjelaskan, lahir dengan operasi sesar karena dalam proses kehamilannya terkendala. Salah satunya bagian panggul ibu yang sempit sehingga menyulitkan bayi untuk lahir normal.

"Kalau dari kelahiran pertama sudah sesar ya berikutnya harus sesar lagi peluangnya kecil untuk lahir normal. Mudah-mudahan yang normal bisa lahir di tanggal cantik itupun belum pasien yang seketika datang ya artinya diluar dari daftar permintaan," ujar dia.

Yasmin mengaku permintaan pasien untuk lahir di tanggal cantik lebih banyak dibandingkan lahir di tanggal biasa.

Oleh karena itu, RSIA Cahaya Bunda sudah memiliki cara dan antisipasi menghadapi banyaknya permintaan lahir di tanggal cantik ini.

"Kalau pas harinya Minggu kami tidak kerepotan kalau tanggal cantiknya pas di hari kerja biasanya poliklinik kami tutup sementara. Persiapan kamk mulai dari rapat koordinasi kesediaan ruangan sampai gizi aman agar sirkulasi operasi dan pelayanan pasien tetap baik dan lancar," ujar Yasmin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.