Pesawat TNI AU Siap-Siap di Bandara Hang Nadim Angkut WNI dari Wuhan ke Natuna

Oleh Ajang Nurdin pada 01 Feb 2020, 22:46 WIB
Diperbarui 01 Feb 2020, 22:46 WIB
Pesawat TNI Gelar Persiapan di Bandara Hang Nadim Batam untuk Mengevakuasi WNI dari Wuhan ke Natuna

Liputan6.com, Batam - Sebanyak 245 WNI di Wuhan, China, direncanakan tiba di Bandara Hang Nadim, Batam besok (2/2/2020) pagi. Setibanya di Batam, ratusan WNI itu akan segera dievakuasi dan diobservasi di Natuna.

Pantauan Liputan6.com, Sabtu (1/2/2020) malam, pesawat TNI AU tiba di Bandara Hang Nadim, Batam sekitar pukul 20.30 WIB. Ada tiga pesawat yang parkir di landasan bandara dan melakukan sejumlah persiapan.

Yang pertama tiba, pesawat Hercules C130. Disusul dua pesawat Boeing 737-400 yang juga milik TNI AU.

"Semua disiapkan di Hang Nadim, untuk waktunya kami masih menunggu perintah dari komando," kata Kadisops Lanud Hang Nadim Batam, Mayor (Lek) Wardoyo.

"Teknisnya nanti langsung transfer antar pesawat. Tak ada turun ke bandara, dari pesawat ke pesawat langsung berangkat," imbuhnya.

Sementara itu, Pesawat Batik Air A330 yang digunakan untuk menjemput 245 WNI telah tiba di Wuhan, China. Pesawat untuk mengevakuasi WNI yang terjebak di Wuhan akibat wabah virus corona itu tiba di Bandara Tianhe pukul 19.00 waktu setempat.

"Pesawat sudah mendarat di Tianhe Wuhan pukul 19.00 waktu setempat," kata Corporate Secretary Lion Group Danang Mandala Prihantoro saat dikonfirmasi.

Pesawat itu sebelumnya lepas landas dari Bandara Internasional Soekarno Hatta Tangerang Banten pada pukul 13.00 WIB. Danang memastikan bahwa penerbangan menuju Wuhan berjalan lancar.

"Terbang non-stop tanpa henti, atau tanpa transit. Sesuai jadwal kedatangan," jelasnya.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi memastikan bahwa semua WNI yang dijemput berada dalam keadaan sehat dan sudah melewati masa screening dan clearing di Wuhan. Hal serupa juga diungkapkan oleh Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto.

"Yang dibawa pulang semua WNI dalam keadaan sehat. Benar kata Bu Menlu, semua WNI sudah di screening dan clearing," ujar Terawan di Bandara Internasional Soekarno Hatta.

2 dari 2 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓