3 Pesawat TNI AU Siap Evakuasi WNI dari Wuhan ke Bandara Hang Nadim Batam

Oleh Ajang Nurdin pada 01 Feb 2020, 18:00 WIB
Diperbarui 01 Feb 2020, 18:00 WIB
Suasana di Bandara Hang Nadim menjelang evakuasi WNI dari Wuhan, China (Foto: Liputan6.com/Ajang Nurdin)

Liputan6.com, Batam - Presiden dan Panglima TNI memerintahkan melakukan evakuasi, TNI AU telah menyiapkan dua pesawat Boeing dan satu pesawat Hercules untuk membantu evakuasi WNI yang dari Wuhan melalui Bandara Hang Nadim Batam.

"Semua disiapkan di Hang Nadim, untuk waktunya kami masih menunggu perintah dari komando," (Kadisops) Lanud Hang Nadim Batam, Mayor (Lek) Wardoyo usai melakukan rapat di Ruang FIF Bandara Hang Nadim di Batam, Sabtu (1/2/2020).

Ia menjelaskan tiga unit pesawat itu akan didatangkan dari Jakarta dan Makassar. Yang selanjutnya tiga pesawat itu akan mengangkut rombongan WNI yang tiba di Batam dari Wuhan dan langsung diberangkatkan ke Natuna.

"Teknisnya nanti langsung transfer antar pesawat. Tak ada turun ke bandara, dari pesawat ke pesawat langsung berangkat,"  jelasnya. 

2 dari 2 halaman

Tenaga Medis di Pesawat TNI AU

Suasana di Bandara Hang Nadim menjelang evakuasi WNI dari Wuhan, China (Foto: Liputan6.com/Ajang Nurdin)
Suasana di Bandara Hang Nadim menjelang evakuasi WNI dari Wuhan, China (Foto: Liputan6.com/Ajang Nurdin)

Dari TNI AU sudah melakukan persiapan sejak Jumat (31/1) malam kemarin. Namun untuk kedatangan dua pesawat tadi, pihaknya masih menunggu informasi lebih lanjut. Penjagaan khusus pun akan dilakukan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang disesuaikan dengan keadaan sekarang.

"Nah untuk pesawat Hercules ini bisa dimaksimalkan semuanya bisa 100 sampai 130 orang, sementara pesawat Boeing juga 100 orang," jelasnya.

Wardoyo mengatakan sudah mendapat informasi dari Jakarta bahwa tiap pesawat dilengkapi oleh tenaga medis. Namun untuk jumlah di tiap pesawat, dirinya belum mendapatkan informasi.

"Untuk penerbangan dari Batam ke Natuna, bisa berbarengan atau jeda beberapa menit juga bisa. Skenarionya kalau yang sudah siap, kami berangkatkan langsung," kata Dia, menjelaskan skenario pemulangan WNI ke Bandara Hang Nadim.

Simak video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓