Sukses

Semarang Bersiap Bebaskan Langitnya dari Kabel Semrawut

Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang menggandeng PT Mora Telematika Indonesia (Moratelindo) untuk membebaskan langit Kota Semarang dari kabel.

Liputan6.com, Jakarta Kota Semarang kian bersemangat untuk bertransformasi merubah citra dari kota industri menjadi kota pariwisata. Setelah melakukan berbagai revitalisasi area wisata serta aksesbilitas perkotaan, kini Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi selangkah lagi mewujudkan mimpinya membebaskan Kota Semarang dari kabel di udara.

Wali Kota Semarang yang akrab disapa Hendi itu pun mengakui jika tak mudah untuk merealisasikan rencananya memindahkan kabel yang menghalangi langit Ibu Kota Jawa Tengah ke bawah tanah. Pasalnya meskipun project tersebut terdapat dalam Rencana Program Jangka Menengah Daerah Kota Semarang di masa kepemimpinannya, namun baru ada titik terang saat ini.

Dirinya menceritakan jika sebenarnya rencananya untuk menata kabel - kabel di atas jalanan Kota Semarang tersebut telah digulirkan sejak tahun 2016.

"Ada dalam RPJMD, kami mulai tahun 2016 dengan target segitiga emas, tapi gagal. Kemudian tahun 2017 kami upayakan lagi, juga belum berhasil. Alhamdulillah, hari ini kami akhirnya bisa memulai babak baru, dan semoga segera terwujud," terangnya.

"Ini bagian dari upaya Pemkot meningkatkan pelayanan masyarakat dalam bidang telekomunikasi sekaligus menata infrastruktur kota menjadi lebih baik estetikanya, karena tidak ada kabel semrawut," imbuhnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Investasi Senilai Rp 617 Miliar

Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang sendiri menggandeng PT Mora Telematika Indonesia (Moratelindo) dalam membebaskan langit Kota Semarang dari kabel, melalui penerapan sistem ducting sepanjang lebih dari 500 kilometer di 362 ruas jalan. Kerjasama yang dilakukan dalam bentuk investasi senilai Rp 617 miliar itu ditandatangani di Balai Kota Semarang, Jumat (31/1/2020).

Adapun dengan adanya pengerjaan sistem ducting itu nanti, akan ada pembongkaran trotoar yang masif, mengingat saluran kabel akan diletakkan di bawah tanah. Untuk pasca penandatangan MOU, Hendi selaku Wali Kota Semarang juga berharap masyarakat bisa memaklumi proses pembangunan yang dilakukan.

Di sisi lain, Hendi menegaskan jika setelah adanya saluran kabel bawah tanah di Kota Semarang, operator telekomunikasi diharapkan segera bersedia menurunkan kabelnya yang saat ini berada di atas.

"Operator sangat saya apresiasi ketika mau legawa menurunkan kabelnya. Dan Kami akan upayakan juga koordinasi dengan PLN, PDAM, untuk bisa sekaligus melakukan penataan jaringan layanan masing - masing ke dalam ducting yang telah dibangun," tambahnya.

 

3 dari 3 halaman

Target Selesai Tahun 2021

Sementara itu, Kepala KSO BPS Moratelindo, Resi Y Brahmani menuturkan jika hampir semua pembangunan infrastruktur kabel serat optik pada semua kota di Indonesia belum tertata dengan baik, sehingga menyebabkan kota tampak kusam dan mengurangi keindahan kota. Maka dari itu perlu sistem ducting dalam hal keberlanjutan pembangunan infrastruktur telekomunikasi.

"Dengan pelaksanaan proyek ini, yang diperkirakan selesai tahun 2021, dari sudut pandang desain jaringan dan estetika infrastruktur suatu kota akan mampu mempersiapkan Kota Semarang menuju smart city yang mendukung pembangunan ekonomi digital," katanya.

Tanggapan positif pun datang dari Kemendagri melalui Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan Kementrian Dalam Negeri, Eko Subowo. Dirinya mengapresiasi Pemkot Semarang dalam menginisiasi kerja sama dengan pihak swasta.

"Ini upaya inovatif. Dana yang dimiliki Pemkot sangat terbatas. Tidak bisa melayani masyarakat lebih cepat tanpa ada keterlibatan swasta," ujarnya.

Ia lantas menyebutkan jika kerja sama pemerintah dan pihak swasta sudah ada payung hukum yakni PP 28 2018 tentang kerja sama daerah, sehingga diharapkan Kota Semarang bisa menjadi contoh bagi kota lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.