Sukses

Polisi Beberkan Riwayat Penyakit Lina Jubaedah Sebelum Meninggal Dunia

Penyidik Satreskrim Polrestabes Bandung mengungkapkan, penyakit hipertensi yang diidap Lina sudah ada sejak sebelum melahirkan.

Liputan6.com, Bandung - Mantan istri komedian Sule, Lina Jubaedah (44) meninggal dunia akibat komplikasi penyakit, mulai dari hipertensi kronis, tukak lambung yang meluas, dan batu empedu.

Penyidik Satreskrim Polrestabes Bandung mengungkapkan, penyakit hipertensi yang diidap Lina sudah ada sejak sebelum melahirkan.

"Hasil pemeriksaan kita terhadap dokter yang menangani Lina menyampaikan kalau yang bersangkutan sebelum melahirkan sudah terdeteksi hipertensi," ujar Kasatreskrim Polrestabes Bandung AKBP Galih Indragiri, Jumat (31/1/2020).

Galih menjelaskan, dokter juga sempat menyarankan Lina Jubaedah agar melahirkan dengan operasi sesar. Namun kala itu Lina menolak.

Selain mengalami hipertensi kronis, Lina Jubaedah juga diketahui memiliki penyakit lambung. Hal itu diketahui setelah dokter mengecek kondisi kesehatan Lina pada 21 November 2019 di salah satu rumah sakit swasta di Bandung.

"Untuk penyakit yang terdeteksi pada 21 November, dilakukan pengecekan oleh dokter disampaikan yang bersangkutan mengalami penyakit lambung. Lalu pada tanggal 24 disampaikan pihak dokter bahwa lambung almarhum semakin parah meski sudah diberikan obat," Galih menjelaskan.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kirim Surat Pemberitahuan

Galih menambahkan, setelah menyampaikan penyebab kematian Lina Jubaedah karena sakit, polisi akan menyampaikan kepada pelapor Rizky Febian.

"Untuk pelapor kita sudah sampaikan terkait hasil autopsi ini. Untuk pemberitahuan secara kedinasan melalui SP2HP (Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyelidikan) akan dikirim ke pelapor," ujarnya.

Menurutnya, polisi tidak perlu memanggil pelapor setelah mengumumkan autopsi dan penyelidikan.

"Kalau dipanggil sejauh ini belum. Tugas kita melapor kepada yang bersangkutan tentang bagaiamana proses penyelidikan. Hasil inilah yang akan kami sampaikan," ujarnya.

Rizky sendiri tidak hadir saat polisi mengumumkan hasil penyelidikan dan autopsi kematian Lina Jubaedah di Mapolrestabes pada Jumat sore.

Hasil autopsi, diketahui bahwa mantan istri komedian Sule itu meninggal disebabkan penyakit hipertensi kronis dan lambung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.