Sukses

5 Makanan Khas Indonesia Penghangat Tubuh pada Musim Hujan

Musim hujan telah tiba, makanan apa saja yang bisa menghangatkan tubuh saat hujan mengguyur Indonesia? Yuk simak ulasannya.

Liputan6.com, Jakarta - Musim penghujan telah berlangsung dan mengguyur beberapa wilayah di Indonesia. Musim hujan kerap dibarengi cuaca dingin. Pada musim penghujan, orang akan lebih mudah lapar dan sepertinya pas untuk menikmati makanan khas yang membuat tubuh hangat.

Dilansir dari Merdeka.com Menurut seorang ahli jantung di University of Massachusetts Medical School, Ira Ockene, telah lama tertarik mempelajari mengenai cuaca yang dapat memengaruhi suhu tubuh manusia. Menurutnya selain faktor tersebut, ternyata rasa lapar juga datang dari pikiran-pikiran kita sendiri pada musim dingin.

Saat merasakan udara yang dingin, paling nikmat jika mengonsumsi makanan khas yang bisa menghangatkan tubuh. Berikut kuliner khas penghangat tubuh yang tepat dikonsumsi saat musim hujan, yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (28/01/20).

Soto

Makanan berkuah ini bisa jadi penghangat tubuh. Bumbu yang terkandung di dalam soto ini adanya jahe, fungsi jahe sendiri bisa menghasilkan produksi keringat. Soto didominasi oleh suiran ayam yang dicampur dengan bahan lainnya. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bakso dan Seblak

Bakso

Bakso paling cocok disantap dalam kondisi panas. Bakso adalah makanan yang paling dinanti saat hujan datang, sehingga bisa menghangatkan suhu tubuh.

Seblak

Makanan khas dari Kota Bandun ini sudah sangat terkenal, berbahan dasar kerupuk mentah disajikan dengan telur atau bahan lainnya. Kuah seblak yang berasal dari rempah-rempah khas paling cocok disantap dalam kondisi panas, cocok juga untuk menghangatkan tubuh.

3 dari 3 halaman

Mi Instan dan Pempek Palembang

Mi Instan

Makanan yang mudah dimasak dalam kondisi apapun, karena cukup membuka bungkus, mi dan bumbu-bumbu sudah tersedia. Makanan yang satu ini pun paling mudah ditemui.

Pempek Palembang

Makanan khas Palembang ini terbuat dari daging ikan yang digiling lembut dan tepung kanji. Pempek wajib hukumnya disajikan dengan kuah saus berwarna hitam kecokelat-cokelatan, yang disebut cuka atau cuko (bahasa Palembang).

(Nadiyah Fitriyah/PNJ)

Simak video pilihan berikut ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.