Diduga Hendak Culik Anak Pedagang, Pria Sukoharjo Babak Belur Dihajar Massa

pada 27 Jan 2020, 09:00 WIB
Diperbarui 27 Jan 2020, 09:00 WIB
[Cek Fakta] Gambar Tangkapan Layar Berita Tentang Penculikan Anak
Perbesar
[Cek Fakta] Gambar Tangkapan Layar Berita Tentang Penculikan Anak

Solo - Seorang pria asal Sukoharjo, SY, babak belur dihajar massa di kawasan Pasar Burung Depok, Banjarsari, Solo, Minggu (26/1/2020) sore. SY tepergok diduga hendak menculik anak seorang pedagang.

Seorang saksi yang juga seorang pedagang di Pasar Burung Depok, Octavianus, 41, menjelaskan entah dari mana datangnya, pelaku tiba-tiba berlari di sekitar gudang Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dengan kompleks pasar.

Semula, ia mengira pelaku sedang mengejar burungnya yang terbang. Namun, lama-lama ia mencurigai gerak-gerik pelaku yang mondar-mandir di sekitar pasar. Lantas, ia mengikuti pelaku yang mulai masuk ke dalam Pasar Ikan.

“Saat saya tanya burung apa yang lepas, dia malah bingung dan linglung. Saat di sekitar Pasar Ikan, dia terlihat menggandeng anak seorang pedagang. Semula anak itu tidak mau, lalu dipaksa pelaku sampai mau. Saat sudah dibawa keluar Pasar Ikan, saya meneriaki pelaku dari jauh. Seketika pelaku melepas anak itu lalu lari ke arah utara,” ujar warga Manahan itu.

Ia menambahkan saat lari, terduga pelaku penculikan anak itu juga mencoba merampas motor milik warga. Ia mengaku melihat dari kejauhan sempat terjadi tarik menarik antara pelaku dan pemilik kendaraan.

Seketika, pemilik kendaraan berteriak-teriak meminta pertolongan. Hingga akhirnya, massa menangkap teruga pelaku penculikan anak dan langsung menghajarnya beramai-ramai.

2 dari 2 halaman

Keterangan Polisi Solo

Ilustrasi – Tersangka pencabulan balita di Kebumen diborgol. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)
Perbesar
Ilustrasi – Tersangka pencabulan balita di Kebumen diborgol. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)

Selang beberapa saat, personel Sabhara Polresta Solo dan Satlantas Polresta Solo menangkap pelaku. Pelaku langsung diserahkan ke Satreskrim Polresta Solo untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Sementara itu, pemilik kendaraan, Ngadirun, 41, warga Kerten, Laweyan, Solo, mengaku terkejut saat pelaku tahu-tahu menaiki sepeda motor Jupiter MX berpelat nomor AD 2744 EH miliknya. Padahal, ia sedang menambal ban tepat di samping sepeda motor miliknya.

“Saya kaget tahu-tahu pelaku menaiki sepeda motor sambil meminta kunci sepeda motor. Saya langsung menarik sepeda motor saya, tetapi pelaku juga semakin kuat menarik motor saya. Lalu saya berteriak begal-begal hingga massa berdatangan,” ujar Ngadirun.

Kasatreskrim Polresta Solo, Kompol Arwansa, saat ditemui Solopos.com, membenarkan jajarannya sedang memeriksa seorang lelaki yang diamankan dari Pasar Burung Depok, Solo.

“Pemeriksaan dan pendalaman persoalan itu masih berlanjut, sementara pelaku kami periksakan kesehatannya dahulu. Saat ini korban juga tengah membuat laporan ke Mapolresta Solo,” ujarnya mewakili Kapolresta Solo, Kombes Pol. Andy Rifai.

Dapatkan berita menarik Solopos.com lainnya, di sini:

Simak video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓