Sukses

Sungai Citarum Meluap, 4 Daerah di Kabupaten Bandung Terendam Banjir

Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Bandung dan sekitarnya sejak Kamis (23/1/2020) mengakibatkan Sungai Citarum meluap.

Liputan6.com, Bandung - Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Bandung dan sekitarnya sejak Kamis (23/1/2020) mengakibatkan Sungai Citarum meluap. Naiknya permukaan air sungai membuat empat kecamatan di Kabupaten Bandung terendam banjir.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten mencatat, empat kecamatan di wilayah Bandung selatan terendam banjir. Keempat kecamatan yang terendam banjir adalah Kecamatan Dayeuhkolot, Kecamatan Baleendah, Kecamatan Bojongsoang dan Kecamatan Rancaekek.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bandung Enjang Wahyudin mengatakan ketinggian air yang masuk ke permukiman warga beragam.

Di Desa Dayeuhkolot, Kecamatan Dayeuhkolot, tinggi muka air (TMA) mulai dari 10-140 centimeter. Kemudian di Desa Bojongsoang, Kecamatan Bojongsoang, TMA mencapai 10-50 cm.

Lalu di Kelurahan Andir, Kecamatan Baleendah, TMA mencapai 10-120 cm. Serta di Desa Sukamanah, Kecamatan Rancaekek, TMA mulai dari 10-60 cm.

"Untuk kondisi terkini, personel BPBD melakukan asesment dan evakuasi warga dan sebagian siaga di posko lapangan," kata Enjang.

Selain itu, Enjang mengatakan BPBD mencatat ada 98 jiwa mengungsi di dua kecamatan yakni Kecamatan Baleendah dan Dayeuhkolot.

"Total jumlah pengungsi di dua kecamatan itu berjumlah 32 KK, terdiri dari 98 Jiwa. Sebanyak 11 di antaranya lansia, 9 balita, dan 1 bayi," katanya.

 

Simak video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.