8 Menu Makan Malam Imlek Kaya Filosofi di Hotel Berbintang Lima Yogyakarta

Oleh Switzy Sabandar pada 25 Jan 2020, 09:00 WIB
Diperbarui 25 Jan 2020, 09:00 WIB
Imlek The Ambarrukmo
Perbesar
Hotel Royal Ambarrukmo Yogyakarta menyajikan menu santap malam sarat filosofi pada Tahun Baru Imlek. (Liputan6.com/ Switzy Sabandar)

Liputan6.com, Yogyakarta Hotel Royal Ambarrukmo Yogyakarta memiliki sajian istimewa untuk menyambut tahun baru Imlek. Bukan sekadar menu spesial yang ditawarkan, melainkan juga nilai dan filosofi dalam setiap hidangan yang disajikan.

Perayaan tahun baru Imlek digelar melalui Royal Prosperity Chinese New Year Buffet Dinner di The Kasultanan Ballroom pada Jumat, 24 Januari 2020 mulai pukul 18.00 sampai 21.00 WIB. Meja bundar ditata dengan kapasitas delapan sampai 10 orang dan pengunjung bisa menikmati sajian makan malam prasmanan all you can eat.

Pada kesempatan makan malam menyambut tahun tikus logam ini, hidangan pembuka, utama, sampai penutup terinspirasi dari daratan Tiongkok. Mi, misalnya, menjadi lambang panjang umur, kebahagiaan serta limpahan rezeki tanpa putus.

Ada pula ayam dan bebek sebagai simbol kebersamaan serta yin dan yang. Ikan kakap laut bermakna rezeki yang melimpah dan keberuntungan terus-menerus.

Dim sum yang menyerupai kantung uang dan emas sebagai wujud harapan pundi-pundi kekayaan. Teripang yang biasanya disajikan untuk keluarga raja di Tiongkok juga disajikan menjadi simbol harapan kehidupan yang lebih baik.

Hotel Royal Ambarrukmo Yogyakarta menyajikan menu santap malam sarat filosofi pada Tahun Baru Imlek. (Liputan6.com/ Switzy Sabandar)

Sementara, menu udang yang melambangkan kemakmuran dan kue keranjang memiliki makna hubungan baik terjaga erat dan manis.

Dalam makan malam tahun baru Imlek ini juga akan diadakan atraksi Yee Sang atau Yu Sheng. Tradisi ini berupa mengangkat seluruh isi dalam piring dengan sumpit setinggi-tingginya. Piring tersebut berisi gabungan dari beberapa sayur segar, buah dan ikan serta beberapa bahan pelengkap lain yang dicampur bersama-sama di meja bundar.

"Semakin tinggi mengangkat, semakin baik, karena makin tinggi dipercaya semakin makmur dan mujur," ujar Raymond Manik, Chinese Cuisines Chef Hotel Royal Ambarrukmo Yogyakarta, Kamis (23/1/2020).

Menikmati hidangan lezat dan berkumpul bersama keluarga pada malam tahun baru Imlek di Hotel Royal Ambarrukmo Yogyakarta ini dibanderol dengan harga Rp300.000 nett per orang. Selain menu santap malam, pengunjung juga akan dihibur dengan atraksi barongsai serta tarian naga liong dan live music lagu Mandarin.

 

2 dari 2 halaman

Bagi-Bagi Bebek Duck King dan Bubur Tawan Gratis

Imlek The Ambarrukmo
Perbesar
Plaza Ambarrukmo menggelar sejumlah acara di atrium mal untuk memeriahkan Tahun Baru Imlek. (Liputan6.com/ Switzy Sabandar)

Perayaan Imlek juga terasa di Plaza Ambarrukmo Yogyakarta. Mal di Yogyakarta ini mengusung tema Eternal Prosperity mulai 22 sampai 26 Januari 2020 di Atrium Plaza Ambarrukmo.

Beragam kegiatan digelar di tempat ini, seperti, Oriental Kids Festival, Oriental Cupcake Decoration, Creative Drawing Mini Competition, dan sebagainya. Tepat pada 25 Januari 2020, pengunjung mal bisa menikmati atraksi barongsai.

Setelah menikmati atraksi barongsai, Plaza Ambarrukmo juga akan memberikan hadiah spesial kepada pengunjung pemegang Plaza Ambarrukmo Shopping Card. Mereka bisa menikmati bebek Duck King dan bubur Tawan yang dibagikan gratis di Atrium Plaza Ambarrukmo.

"Di awal perayaan kami buka dengan karaoke lagu Mandarin dan untuk penutupan ada show spektakuler tarian liong," ucap Wahyu Hidayati, Public Relation Plaza Ambarrukmo.

Lanjutkan Membaca ↓