Siap-Siap Imlek, Ini Harga Barongsai dari Cirebon

Oleh Panji Prayitno pada 23 Jan 2020, 04:00 WIB
Diperbarui 23 Jan 2020, 04:00 WIB
Saat Pengrajin Barongsai Cirebon Kebanjiran Pesanan Menjelang Imlek

Liputan6.com, Cirebon - Barongsai menjadi salah satu kesenian yang sudah melekat di Indonesia dalam setiap perayaan Imlek dan Cap Go Meh, termasuk di Cirebon.

Jelang perayaan Tahun Baru Imlek 2020 di Cirebon, pengrajin Barongsai pun banyak mendapat pesanan. Seperti yang dialami pengrajin Barongsai Cirebon Tri Siswoyo, dia mengaku ada peningkatan pesanan baik ukuran besar maupun kecil.

"Kalau yang ukuran kecil untuk anak-anak di Cirebon saya kirim ke toko mainan," kata Tri, Selasa (21/1/2020).

Barongsai yang dijual Tri merupakan hasil kerajinan tangannya sendiri. Dia bersama teman-temannya memproduksi Barongsai di Desa Serang Kecamatan Klangenan Kabupaten Cirebon.

Tri mengatakan, peningkatan pesanan barongsai sampai saat ini sudah 50 persen dibanding tahun lalu. Untuk ukuran besar yang biasa dipakai atraksi, Tri menerima pesanan delapan unit barongsai dibandingkan tahun lalu hanya tiga buah.

Untuk ukuran kecil atau anak-anak, Tri melayani pesanan hingga 60 buah. Dia mengaku kerap melayani pesanan barongsai ke luar daerah.

"Kalau barongasai kecil baru saya rintis enam bulan ini. Kalau yang ukuran besar sudah 10 tahun. Ada juga pesanan untuk cenderamata dan souvenir jumlahnya 40 buah kalau hari biasa hanya 20 buah," sebut Tri.

Sementara itu harga jual Barongsai buatan Tri bervariasi. Ukuran besar dengan hiasan bulu domba dijual Rp 5 juta, untuk hiasan yang menggunakan bulu sintetis dijual Rp 2,5 juta.

2 dari 2 halaman

Jasa Perbaikan

Saat Pengrajin Barongsai Cirebon Kebanjiran Pesanan Menjelang Imlek
Ada peningkatan pesanan Barongsai di Cirebon menjelang perayaan Imlek. Foto (Liputan6.com / Panji Prayitno)

Untuk harga barongsai ukuran kecil, Tri membagi tiga ukuran dalam nomor. Barongsai nomor satu dijual Rp 150 ribu per pcs, nomkr dua Rp 100 ribu dan nomor 3 Rp 60 ribu.

"Ada juga pemesan yang desainnya dari sana dan itu harganya beda. Untuk yang barongsai besar itu satu paket dengan kostum pemainnya yang kami buat sendiri. Kalau souvenir dan cinderamata dijual mulai Rp 25 ribu per pcs tergantung tingkat kesulitannya," ujar dia.

Dia mengatakan, selain menjual hasil kerajinan tangannya. Tri juga menerima jasa reparasi perbaikan kerusakan pada barongsai.

Dia mengaku, tidam seditik perguruan seni bela diri yang punya atraksi barongsai di Cirebon menggunakan jasanya.

"Iya karena saya juga sampai sekarang masih aktif main atraksi barongsai. Saya belajar buat kerajinan otodidak dari pengalaman saya main barongsai," kata Tri.

Tri mengatakan barongsai yang dibuatnya memiliki ciri khusus. Yakni tampilan muka sedikit seram.

Dia menjelaskan tampilan muka yang sedikit seram karena proses pembuatan dikerjakan manual. Mulai dari gambar sampai proses pewarnaan hingga memunculkan karakter tersendiri.

"Dibuat agak seram juga untuk menunjukkan kewibawaan seekor barongsai. Tapi itu semua tergantung imajinasi kita sendiri," kata dia.

Saksikan video pilihan berikut ini: 

Lanjutkan Membaca ↓