Kesaksian Warga Gorontalo saat Detik-Detik Gempa Magnitudo 6,6 Guncang Bolsel Sulsel

Oleh Arfandi Ibrahim pada 20 Jan 2020, 02:12 WIB
Diperbarui 20 Jan 2020, 02:12 WIB
Gempa Bumi
Perbesar
Ilustrasi Gempa Bumi (iStockphoto)

Liputan6.com, Gorontalo - Warga Gorontalo yang tengah tertidur pulas seketika bangkit dari tidurnya. Mereka langsung berhamburan lari keluar rumah. Gempa berkekuatan magnitudo 6,6 guncang wilayah Bolaang Uki, Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Provinsi Sulawesi Utara, Senin (20/1/2020), dinihari.

Meskipun titik pusat berada di wilayah Bolsel, guncangan terasa hingga wilayah Gorontalo dan sekitarnya.

Informasi disampaikan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisifika (BMKG) melalui akunnya pada Twitter @infoBMKG.

Gempa tercatat terjadi pada pukul 00:58:20 Wita dengan lokasi gempa bumi pada titik koordinat 0.20 LS, 123.89 BT. Pusat gempa bumi berada di laut 64 Kilometer Barat Daya Bolaang Uki, Bolsel, Sulut, di kedalaman 95 Kilometer.

Hingga kini belum ada laporan terkait kerusakan, korban akibat gempa bumi tersebut. Meski tidak berpotensi tsunami, gempa itu membuat warga Gorontalo panik.

"Waktu itu saya mulai memejamkan mata, tiba-tiba ada guncangan disertai suara gemuruh. Saya kira itu hanya mimpi ternyata bener ada gempa setelah istri saya berteriak tanah goyang," ungkap Amir Hasan.

Ia menambahkan, seketika mereka satu keluarga keluar rumah, sebab durasi guncangan dirasakan sedikit lama.

"Sebelumnya juga saya mengira goyangannya hanya sebentar, namun lama kelamaan cukup kuat dan terasa akhirnya saya dan keluarga lari keluar rumah. Mudah-mudahan tidak ada gempa susulan lagi," tandasnya.  

2 dari 2 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓