Sukses

Aplikasi e-Relawan, Terobosan Penanganan Bencana BPBD Bali

Nantinya e-Relawan akan menjadi database bagi pejuang kemanusiaan

Liputan6.com, Denpasar - Upaya BPBD Bali melakukan sinergi antarlini dalam penanganan kebencanaan di Bali patut diapresiasi. Selain menggelar pertemuan rutin antarlembaga pemerintah dan birokrasi semisal TNI/Polri, Basarnas, BMKG, dinas kesehatan, dinas sosial, dinas PUPR, BPBD kabupaten dan kota, kini giliran para relawan dari berbagai basis pelayanan masyarakat diundang bertemu di Pusdalops PB Bali.

Menariknya, yang diundang pertemuan kali ini adalah para relawan baik warga lokal maupun orang asing. Ada sekitar 20 organisasi  dan asosiasi yang bergerak di bidang kemanusiaan yang hadir.

Kepala Pelaksana BPBD Bali, Made Rentin mengatakan, penanganan bencana tak melulu tugas pemerintah, bukan hanya tugas BPBD, tetapi tugas semua orang.

"Itulah sebabnya kami terus memperkuat sinergi dengan seluruh elemen yang ada, termasuk para relawan seperti yang kami undang bertemu hari ini. Kami selaku bagian dalam penanganan dan penanggulangan bencana sangat yakin dan percaya, bahwa semakin banyak orang yang terlibat maka tugas-tugas kemanusian akan semakin ringan dan mudah. Itulah sebabnya, kami selalu tingkatkan sinergitas semua elemen masyarakat untuk tugas kemanusiaan ini," ujarnya, Kamis (16/1/2020).

Para relawan ini tentu saja bergerak dan bekerja dalam bidang tugasnya masing-masing. Namun, bila terjadi bencana maka sekecil apa pun peran serta para relawan akan sangat membantu tugas-tugas kemanusiaan tersebut. 

Dalam pertemuan tersebut, Made Rentin meminta agar seluruh relawan dapat berperan sesuai tugasnya masing-masing. Ia juga meminta agar para relawan bisa menjadikan Kantor BPBD Bali sebagai 'rumah bersama' atau 'rumah kita' bagi para relawan semuanya.

"Mari jadikanlah kantor ini (BPBD Bali) sebagai rumah kita bersama. Mari kita saling bersinergi, saling koordinasi untuk misi kemanusiaan dalam kebencanaan," ujarnya.

Selain itu, sebagai bentuk sinergitas seluruh relawan, maka BPBD Bali akan menginisiasi menyusun aplikasi e-Relawan (electronic relawan). Aplikasi ini sangat penting untuk database para relawan seluruh Bali dengan bidang, kapasitas dan keahlian masing-masing yang dimiliki.

Database ini sangat penting bila sewaktu-waktu para relawan dimobilisasi untuk tugas kemanusiaan. BPBD Bali pada intinya siap mensupport para relawan Bali sesuai dengan Perka BNPB nomor 17 tahun 2011 tentang Pedoman Relawan Penanggulangan Bencana.

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.