Sukses

Cita-Cita Bupati Benediktus untuk Pembangunan Boven Digoel yang Tertinggal

Semasa memimpin Boven Digoel sejak 2016, Bupati Benediktus dikenal membangun sumber daya manusia (SDM).

Liputan6.com, Boven Digoel - Bupati Kabupaten Boven Digoel Benediktus Tambanop di Rumah Sakit Kemayoran, Jakarta, usai menghadiri Rakernas PDI-P di Jakarta. Kabar meninggalnya Bupati Benediktus dibenarkan oleh Kasubag Protokoler Setda Kabupaten Boven Digul Albertus Kutat. Ia mendapatkan informasi bahwa wafatnya Bupati Benediktus sekitar pukul 05.00 WIB pagi tadi.

"Saat ini jenazah sedang diotopsi dan rencananya akan diterbangkan Senin malam ini ke Merauke dan akan tiba pada Selasa pagi. Kami belum mengetahui jenazah akan dimakamkan di Merauke atau Boven Digoel, semua masih berkomunikasi dengan keluarga almarhum," ujar Albertus, ditemui wartawan di kediaman Bupati Benediktus di Merauke, Senin (13/1/2020).

Albertus menyebutkan sebelum ke Jakarta, Bupati Benediktus sempat dirawat di rumah sakit setempat selama 2 hari, usai berkeliling kampung di Boven Digoel, untuk merayakan Natal bersama dengan warga.

"Mulai tanggal 25-27 Desember itu, dia berkeliling kampung satu ke yang lainnya. Kami bergerak ke Distrik Minati, Kampung Inggebit di Wametapa. Belum tiba di kampung itu, Pak Bupati sakit dan kami kembali ke kota. Pak Bupati sempat diopname, sebab tak enak badan," jelasnya.

Albertus menyebutkan semasa memimpin Boven Digoel sejak 2016, Bupati Benediktus dikenal membangun sumber daya manusia (SDM). Albertus mengenang ucapan sang bupati, bahwa dengan mandirinya SDM di Boven Digoel, maka pembangunan akan mengikuti daerah itu.

"Dia selalu mengatakan ketika SDM mandiri dan siap, maka dengan sendirinya pembangunan di suatu daerah akan mengikutinya. Warga Boven Digoel sangat kehilangan sosok yang baik hati," ujarnya.

Bupati Kabupaten Boven Digoel Benediktus Tambanop baru menjabat bupati pada 2016. Rencananya, ia akan mengikuti Pilkada serentak 2020, untuk maju kembali sebagai Bupati Boven Digoel.

Bupati Benediktus mengenyam pendidikan sejak TK hingga SMA di Merauke, ia lantas melanjutkan pendidikan di STPDN Jatinangor dan lulus pada 1999.

Bupati Benediktus mengawali karirnya sebagai Sekretaris Camat Distrik Kimaam Merauke pada 2001, hingga menjbat sebagai Asisten Bidang Pemerintahan Boven Digoel 2014 dan dilantik menjadi Bupati Boven Digoel pada 2016 hingga masa jabatan 2021.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.