Sukses

Alquran Terjemahan Bahasa Palembang Hanya Dicetak 100 Eksemplar

Alquran terjemahan Bahasa Palembang yang sudah diluncurkan oleh Kementerian Agama di Jakarta ini, akan diproduksi dalam jumlah terbatas.

Liputan6.com, Palembang - Peluncuran Alquran terjemahan bahasa Palembang beberapa bulan lalu, kini sedang direalisasikan produksi secara massal. Namun, Alquran terjemahan bahasa daerah ini akan dicetak secara terbatas.

Menurut Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang Sirozi, Alquran terjemahan Bahasa Palembang ini hanya akan dicetak 100 eksemplar. Namun, diakuinya kebutuhan Alquran bahasa daerah ini bisa mencapai lebih dari 1.000 eksemplar.

Karena, dengan jumlah itu akan mudah didistrubusikan ke 17 Kabupaten/Kota di Sumsel. Bahkan, bisa jadi buah tangan para wisatawan.

"Alquran terjemahan bahasa Palembang ini hanya dicetak 100 eksemplar dari Kementerian Agama. Padahal, kita butuh lebih banyak dari itu,” katanya, Jumat (10/1/2020).

Alquran terjemahan bahasa Palembang ini akan diproduksi dengan jumlah 915 halaman, sampul Alquran bercorak merah yang disesuaikan kekhasan Kota Palembang.

Tingginya kebutuhan Alquran terjemahan bahasa Palembang ini, lanjutnya, membutuhkan bantuan dari Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di Sumsel.

Dia menegaskan, Alquran terjemahan Bahasa Palembang ini tidak akan dikomersilkan. Karena sesuai dengan tujuan awal penerjemahan yang dirintis para budayawan hingga tokoh di Kota Palembang. Namun, pihaknya tetap akan mencari sumber dana yang tak mengikat.

Nilai penting pada terjemahan Alquran ini, adalah kajian akademik bahasa Palembang dan agama. Masyarakat Sumsel diprediksinya akan tertarik membaca Alquran karena ada bahasa lokal.

"Kami (UIN Raden Fatah Palembang) hanya sebagai fasilitator dan koordinator yang ingin masyarakat Sumsel. Adanya Alquran terjemahan Bahasa Palembang ini juga akan mampu mengaktualisasikan budaya Kota Palembang," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bahasa Daerah Asli

Assisten 1 Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat Akhmad Najib mengatakan, dengan hadirnya Alquran terjemahan Bahasa Palembang, menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Sumsel. Meskipun dari sisi kosa kata bahasa Palembang yang dipergunakan masih belum familiar di telinga.

"Karena itu jarang digunakan dalam bahasa sehari-hari. Tapi dengan terjemahan Alquran ini, secara tidak langsung muncul rasa ingin tahu isi terjemahannya sekaligus ikut mencintai kitab alqurannya," ujarnya.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel akan menyosialisasikan Alquran terjemahan Bahasa Palembang ini ke masyarakat, untuk menggaungkan keberadaan Alquran ini.

Mereka pun menyambut baik rencana Pencetakan Alquran dengan terjemahan Bahasa Palembang ini dengan jumlah yang lebih besar. Sehingga dapat didistribusikan ke masjid-masjid, majelis taklim, rumah tahfiz, dan lainnya.

"Kalau hanya 100 eksemplar yang dicetak dari Kementerian Agama, tentu akan kurang, masjid di Sumsel jumlahnya ribuan," ujarnya.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.