Sukses

Menanti Kehadiran Bioskop Pertama di Aceh

Pembangunan bioskop di Banda Aceh tinggal menunggu restu dari Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU).

Liputan6.com, Banda Aceh - Pembangunan bioskop di Banda Aceh tinggal menunggu restu dari Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU). Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman sendiri telah memberikan lampu hijau dengan mengatakan, pihaknya tidak menyebutkan bioskop tidak bisa dibangun di Banda Aceh.

"Kalau sepanjang mereka (MPU) sudah oke, ya, saya oke saja," katanya seperti dikutip Antara, Senin (6/1/2020).

Hal itu disampaikan Aminullah menanggapi pernyataan Menteri Agama Republik Indonesia Fachrul Razi beberapa waktu lalu yang heran di Aceh bioskop tidak memiliki izin operasi, sedangkan di Jeddah Arab Saudi terdapat dua bioskop.

Aminullah menyebutkan Pemko Banda Aceh tidak menolak jika ada rencana pembangunan bioskop di ibukota Aceh tersebut.

Namun, sebelum dilakukan pembangunan tentu pihaknya lebih dulu akan melakukan penelitian terkait pelaksanaan bioskop di negara Islam.

"Kalau kami tidak mengatakan (Banda Aceh) tidak bisa (membangun bioskop), kita akan melihat negara maju dan negara Islam bagaimana cara pelaksanaannya, jadi nanti setelah itu kita sepakati juga dengan MPU," katanya.

Sebelumnya, Aminullah juga pernah menyebutkan bahwa pemerintah kota akan menyiapkan qanun (perda) terlebih dahulu jika ada investor yang berencana ingin membangun bioskop di Banda Aceh.

"Iya kita begini, kalau nanti sudah ada wacana investor membangun bioskop maka kita sebelumnya akan menyiapkan qanun dulu," katanya.

Pembuatan qanun tersebut sangat penting untuk mengatur berbagai hal yang menyangkut dengan pengoperasian bioskop di Aceh.

"Setelah siapkan qanun, kita juga lihat negara-negara Islam bagaimana perlakuan terhadap bioskop, jadi supaya ini tidak menyalahi. Misalnya, seperti di Brunei Darussalam kalau ada bioskop bagaimana, di Arab Saudi juga bagaimana," katanya.

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.