Sukses

6 Kuliner Khas Karawang Ini Bakal Memanjakan Lidah Anda

Karawang memiliki kuliner khas yang lezat dan khas yang hanya dapat kamu temukan di Kota Karawang.

Liputan6.com, Karawang - Karawang merupakan wilayah yang terus berkembang. Pabrik  industri juga banyak didirikan di Karawang. Selain dikenal sebagai kota industri, Anda juga bisa menjumpai tempat wisata yang menyenangkan, mulai dari wisata alam sampai wisata kuliner khas.

Makanan khas merupakan makanan yang menjadi ciri khas dari sebuah daerah dan biasanya hanya dapat ditemukan di daerah tersebut. Berkunjung ke suatu daerah tidak lengkap tanpa mencicipi sajian kuliner makanan khas dari daerah tersebut. bahkan sedikit sulit atau bahkan tidak dapat Anda temukan di daerah lainnya. Biasanya, makanan khas akan selalu diburu oleh wisatawan yang berdatangan.

Begitu juga dengan Karawang, kota yang mulai berkembang ini punya beberapa jenis makanan khas Karawang yang patut dicoba. Selain makanan khas yang harus dicoba langsung saat berada di Karawang, ada juga oleh-oleh khas Karawang yang bisa anda berikan kepada sanak saudara ataupun teman dekat Anda.

Bagi para pecinta kuliner, Liputan6.com akan mengulas beberapa jenis makanan khas khususnya dari daerah Karawang dan sekitarnya yang wajib dicoba dan dijamin tidak akan mengecewakan Anda. Berikut daftar makanan alias kuliner khas Karawang yang berhasil dihimpun oleh Liputan6.com.

1. Soto Gempol

Soto Gempol, mirip dengan soto betawi yang konon sudah dikenaal sejak tahun 1980. memiliki 4 pilihan sajian yang bisa sajian, yaitu soto ayam, soto daging, soto usus, dan soto babat. Kalau kamu bingung mau memilih yang mana, tenang saja bisa dicampur semuanya. Daun bawang dan taburan emping biasanya menemani sajian soto. Ditambah pelengkap seperti sambal, kecap, dan acar dengan perasan jeruk nipis.

Simak video pilihan berikut ini:                                                    

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

2.  Sorabi Hijau

Sorabi buatan Bapak M. Kasim, pertama kali diluncurkan pada tahun 1995. Sorabi dikenal dengan nama populernya adalah sorabi Kuntilanak. Sorabi ini enak dimakan bersama gula (cairan) yang disediakan dengan dua rasa, rasa durian dan gula merah biasa. Gula ini pun ia tidak menggunakan zat perasa, akan tetapi asli dari durian dan gula merah.

3 dari 6 halaman

3. Kerupuk Bontot

Nama kerupuk Bontot, memiliki arti anak bungsu dalam bahasa Sunda. Bontot dimaknai pada potongan paling akhir dari adonan kerupuk ikan di mesin pemotong kerupuk.

Bagian ujung dari adonan kerupuk udang yang sudah dapat dipotong lagi. Makanan ringan khas Karawang ini berbeda dengan kerupuk Udang lainnya karena kerupuk bontot sebenarnya adalah bahan baku setengah jadi untuk pembuatan kerupuk Udang. 

4 dari 6 halaman

4. Ganastori

Kue ini terbuat dari kacang hijau yang dibungkus tepung dan diolah dengan cara digoreng. Rasanya sudah pasti enak, gurih dan teksturnya renyah. Sekarang, kue ini sudah jarang ditemui karena sudah semakin sedikit yang mau membuat. Kue ganastori yang hanya dikenal di Karawang, sedangkan di daerah lain diberi nama kue Gandasturi.

5 dari 6 halaman

5. Opak Ketan Rawagede

Opak ketan di Rawagede ini memiliki rasa yang lain dari yang lain. Ada rasa khas tersendiri dibanding opak-opak ketan lainnya.

Opak ketan Rawagede berbentuk kecil-kecil, sangat berbeda sekali dengan opak ketan lain yang ukurannya besar-besar. Jadi hanya dua kali gigit langsung habis. Kelebihan opak ini adalah pada rasanya yang renyah dan gurih yang akan membuat kita ketagihan.Terutama untuk opak yang baru dibakar.

6 dari 6 halaman

6. Kue Gonjing

Terakhir, kue Gonjing adalah makanan tradisional khas Karawang yang terbuat dari tepung beras dan kelapa. Cocok dimakan baik dengan taburan gula putih maupun saos, tergantung dari selera.

“biasanya disebut kue pancong, dijual pedagang keliling yang pake gerobak ditanggung atau didorong,” tutur Demong, pembeli kue, di depan Kelenteng Shia Djin Kong, 29/12/19.

Demikian lah beberapa kuliner khas Karawang yang dijamin bisa memanjakan lidah Anda. Tak hanya itu, makanan khas Karawang juga bisa kamu bawa pulang sebagai buah tangan untuk orang-orang tersayang.

Jadi apa masih masih bingung menentukan menu makanan khas Karawang Kesukaanmu?

 

Nadiyah Fitriyah / PNJ

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.