Ada 54 Agenda Seni dan Budaya Cirebon Tahun 2020, Apa Saja?

Oleh Panji Prayitno pada 01 Jan 2020, 08:00 WIB
Diperbarui 03 Jan 2020, 07:13 WIB
54 Agenda Seni dan Budaya Cirebon Tahun 2020

Liputan6.com, Cirebon - Pemda Kota Cirebon terus berupaya mengembangkan potensi wisata di wilayah Pantura Jawa Barat itu. Mulai dari kegiatan budaya, cagar budaya hingga keindahan alam.

Dalam upaya meningkatkan jumlah pengunjung di Cirebon, pemda setempat menyiapkan beragam agenda budaya untuk menambah daya tarik kunjungan wisata tahun 2020.

Kasi Kesenian Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (DKOKP) Kota Cirebon Dede Wahidin mengatakan, sepanjang tahun 2020 ada 54 agenda budaya yang rencananya akan digelar setiap bulan.

"Tiap bulan kegiatannya berbeda-beda ya termasuk di lokasi berbeda juga," kata Dede, Senin (30/12/2019).

Dari jumlah tersebut, 24 di antaranya merupakan agenda yang digelar tiap bulan. Sementara sisanya, 30 merupakan agenda mingguan yang akan digelar di kawasan heritage BAT.

Sejumlah lokasi di Kota Cirebon juga akan menjadi tempat pagelara budaya rutin itu sendiri, seperti di Vihara Welas Asih yang akan ramai agenda Cap Go Meh yang rencananya digelar bulan Februari 2020 mendatang.

Selain Cap Go Meh, kata Dede, kegiatan bulanan yakni Festival Pakungwati pada bulan Maret. Tiga agenda budaya akan digelar sepanjang bulan April.

"April itu ada Gelar Seni dan Budaya Untag kemudian festival teater Cirebon dan Pentas Purnama Jilid I. Nah pentas purnama ini akan digelar empat jilid untuk jilid dua bulan Juli, jilid tiga bulan September dan jilid empat bulan Oktober," kata dia.

2 dari 2 halaman

Agenda Unggulan

54 Agenda Seni dan Budaya Cirebon Tahun 2020
Kawasan Kota TUA BAT Cirebon akan kembali diramaikan dengan kegiatan seni budaya mingguan. Foto (Liputan6.com / Panji Prayitno)

Namun demikian, kata Dede, ada dua agenda budaya yang dianggap menjadi unggulan Pemkot Cirebon, yakni Cirebon Topeng Festival pada bulan Juli dan Festival Seni Budaya Ganjene Cirebon yang rencana digelar pada Agustus.

Dia menyebutkan, Cirebon Topeng Festival tersebut rencananya digelar di Taman Air Gua Sunyaragi Cirebon. Sementara Festival Seni Budaya Ganjene Cirebon digelar di kawasan kota tua Cirebon.

"Kalau yang Ganjene Cirebon itu sudah masuk kalender nasional juga jadi event tahunan nasional. Kalau Cirebon Topeng Festival ini dipersiapkan menuju event berkelas internasional," ujar dia.

Untuk pentas seni mingguan, rencananya digelar tiap malam minggu di depan Gedung BAT Kota Cirebon. Pentas mingguan tersebut dimulai Februari hingga Desember 2020 mendatang.

"Kegiatannya apa saja bisa musik, tari topeng jalanan atau musikalisasi puisi," ujar dia.

Dedi berharap, rencana agenda seni dan budaya Cirebon tahun depan ini dapat diterima baik oleh kalangan masyarakat setempat. Sebeb, akan berimbas kepada perkembangan sektor wisata.

Saksikan video pilihan berikut ini: 

Lanjutkan Membaca ↓