Sukses

Liburan Akhir Tahun, Cek Lokasi Rawan Kecelakaan Menuju Merak dan Anyer

Bagi masyarakat yang akan menuju Pelabuhan Merak dan Anyer, perlu lebih berhati-hati saat berkendara, terutama di musim hujan yang mengakibatkan jalanan menjadi licin.

Liputan6.com, Banten - Bagi masyarakat yang akan menuju Pelabuhan Merak dan Anyer, perlu lebih berhati-hati saat berkendara, terutama di musim hujan yang mengakibatkan jalanan menjadi licin.

Satlantas Polres Cilegon mengatakan, setidaknya ada tiga titik black spot atau titik rawan kecelakaan sepanjang 2019 ini, bahkan mengakibatkan nyawa melayang di kawasan tersebut.

Tiga titik itu antara lain, ada di Jalan Raya Cilegon-Merak, tepatnya di sekitar Kecamatan Grogol. Di lokasi tersebut, tercatat sebanyak lima nyawa melayang sepanjang 2019. Lokasi tersebut merupakan jalan utama menuju Pelabuhan Merak.

"Luka ringan satu. Peristiwanya rata-rata berkendara dengan kecepatan tinggi, kemudian terjadi tabrakan depan dengan depan kemudian menyalip tidak aman," kata Kasatlantas Polres Cilegon, AKP Ali Rahman, kepada Liputan6.com, Senin (30/12/2019).

Titik rawan kedua berada di Jalan Raya Cilegon-Ciwandan, tepatnya di sekitar Kecamatan Ciwandan. Lokasi tersebut pernah terjadi kecelakaan yang mengakibatkan nyawa melayang sebanyak enam orang.

Hal ini di akibatkan berpindah jalur secara mendadak dan tidak berhati-hati, melaju dengan kecepatan tinggi, hingga menyalip kendaraan yang tidak aman. Di lokasi tersebut, umumnya terjadi tabrakan adu kebo dan tabrak samping. Jalur tersebut merupakan jalan utama menuju lokasi Wisata Anyer hingga Carita.

Titik rawan kecelakaan terakhir ada di Jalan Raya Cilegon atau di pusat Kota Cilegon, yang mengakibatkan lima orang meninggal dunia dan dua luka ringan.

"Umumnya tabrak depan depan, tabrak samping, tabrak belakang. Penyebabnya rem blong, berkendara tidak aman, melaju dengan kecepatan tinggi," katanya.

Pihak kepolisian mengaku telah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cilegon, untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan yang berulang di tahun 2020 mendatang.

"Kita berkoordinasi dengan Dishub untuk memasang garis kejut, memasang rambu dan lampu di titik black spot," katanya menambahkan.

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.