Sukses

Banjir Bandang Terjang Labuhan Batu Utara Medan, Satu Keluarga Dikabarkan Hilang

Peristiwa banjir itu terjadi Sabtu (28/12/2019) sekira pukul 23.30 WIB.

Liputan6.com, Medan - Banjir bandang melanda Dusun Siria-ria A dan B, Desa Pematang dan Desa Hatapang, Kecamatan NA IX-X, Kabupaten Labuhan Batu Utara, Provinsi Sumatera Utara, satu keluarga diduga hilang, dan hingga kini belum lagi ditemukan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumut Riadil Akhir Lubis menyebutkan, satu keluarga yang dilaporkan hilang terdiri dari lima orang berasal dari Desa Pematang.

Peristiwa banjir itu terjadi Sabtu (28/12/2019) sekira pukul 23.30 WIB. Selain itu dilaporkan rumah hilang sembilan unit, rusak berat 17 unit, satu jembatan besar hancur di Jalan Kabupaten, sejumlah titik jembatan kecil hanyut, dan tanah longsor sepanjang 100 meter dengan kedalaman 5 meter.

"Kemudian lahan pertanian rusak berat tertimbun batu besar, lumpur dan kayu-kayu besar seluas 15 hektare," ujar Riadil di Medan, Minggu (29/12/2019) malam, dilansir Antara.

Ia mengatakan, ada satu desa masih terisolir (Desa Hatapang), Tim saat ini sedang berupaya mencapai lokasi banjir bandang.

Posko Utama sudah dibentuk dan dibantu 25 personel TNI dan 1 Polsek, bantuan sudah diberikan kepada masyarakat, alat berat sudah dikerahkan dua unit dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Labuhan Batu Utara, dan milik perusahaan/pribadi warga.

Untuk sementara warga mengungsi di rumah masyarakat (tempat memiliki ketinggian), sekolah dan tempat tinggal penduduk. Komunikasi di lokasi kejadian agak sulit dan terbatas.

"Sore ini, Tim BPBD Provinsi Sumut akan tiba di lokasi banjir untuk pendampingan," kata Riadil.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.