Sukses

Masjid Takarub di Aceh Hangus Terbakar, Petugas Dalami Asal Api

Penyebab kebakaran yang turut menghanguskan sejumlah bangunan rumah toko milik warga masih dalam penyelidikan petugas terkait.

Liputan6.com, Aceh - Sebuah masjid di Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh, hangus dilalap api dalam peristiwa kebakaran, Sabtu (28/12/2019).

Penyebab kebakaran yang turut menghanguskan sejumlah bangunan rumah toko milik warga masih dalam penyelidikan petugas terkait.

Kepala Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Sunawardi menyebutkan, masjid yang terbakar bernama Masjid Takarub, berada di Desa Alue Bungkoh, Kecamatan Pirak Timu. Peristiwa itu terjadi sekira pukul 07.00 WIB.

Adapun bangunan yang terbakar berjumlah 10 unit. Masing-masing mengalami kerusakan yang berat, sama seperti kondisi masjid yang sehari-hari dijadikan rumah ibadah oleh warga tersebut.

"Data sementara para korban di Desa Alue Bungkoh, yakni, 10 Kepala Keluarga, atas nama, Riza Abdullah, Fais, M. Rakyat, Abdurrahman, Khadijah, Ainol Mardhiah, Saifuddin, Nurleli, M. Nasir, Furol," sebut Sunawardi kepada Liputan6.com.

Petugas pemadam kebakaran menerjunkan 4 unit armada dari Pos Landeng, Lhokseumawe, dan Alue Bilie untuk memadamkan api.

Api dapat dipadamkan dalam waktu 2 jam lebih setelah air dari alat penyemprot ditembakkan ke api yang sedang menyala-nyala.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dugaan Penyebab Kebakaran

Warga di lokasi mengatakan, bahwa api bersumber dari kompor yang meleduk dari sebuah warung kopi.

Istri yang empunya warung harus dibawa ke Puskesmas karena mengalami luka bakar di bagian dahi dan tangan.

Suami korban sedang pergi ke ladang pada saat kejadian. Namun, petugas belum memastikan benar tidaknya api berasal dari warung tersebut.

Sementara itu, seluruh kubah Masjid Takarub hangus terbakar, termasuk jendela sebelah kiri dan kanan serta pengeras suara. Yang mampu diselamatkan hanya mimbar dan seluruh Alquran yang ada di masjid tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.