Keberuntungan Awkarin Saksikan Gerhana Matahari Cincin Sempurna di Tanjung Pinang

Oleh Ajang Nurdin pada 27 Des 2019, 10:00 WIB
Diperbarui 27 Des 2019, 10:00 WIB
Awkarin Saksikan Gerhana Matahari Cincin Sempurna di Tanjung Pinang
Perbesar
Tanpa disengaja, Awkarin bisa menyaksikan fenomena Gerhana Matahari Cincin sempurna di Tanjung Pinang. (Liputan6.com/Ajang Nurdin)

Liputan6.com, Tanjungpinang - Karin Novilda alias Awkirin, selebgram Tanah Air merasa beruntung bisa menyaksikan Gerhana Matahari Cincin sempurna di kampung halamannya, Tanjung Pinang. Dia mengaku awalnya, kedatangan Awkarin ke Tanjung Pinang bukan untuk menyaksikan GMC, melainkan hanya berwisata.

Namun, begitu mengetahui bahwa Tanjung Pinang akan menjadi lokasi terbaik untuk menyaksikan Gerhana Matahari Cincin, dia pun tidak melewatkan kesempatan itu.

"Kebetulan (ke Tanjung Pinang), fenomena ini juga langka, sayang kalau dilewatkan," kata Awkirin, Kamis, 26 Desember 2019.

Awkarin turut menyaksikan momen Gerhana Matahari Cincin di halaman Gedung Gonggong, Tanjungpinang, Kepulauan Riau. Ia mengaku baru pertama kalinya menyaksikan fenomena ini.

"Amazing, ini pengalaman pertama saya melihat langsung gerhana matahari cincin," ujar Awkarin.

Awkarin yang pernah menghabiskan masa remajanya di kota ini pun berharap dengan adanya momen seperti nonton bareng Gerhana Matahari Cincin secara langsung ini, bisa meningkatkan rasa kebersamaan penduduk Tanjung Pinang dan sosialisasi wisata kota ini.

"Saya berharap Tanjungpinang yang ramai, damai, dan aman," dia menandaskan.

Kehadiran Awkarin di lokasi pengamatan Gerhana Matahari Cincin ini tak luput dari perhatian para pengunjung lainnya. Namun, Kepala Dinas Pariwisata Kota Tanjung Pinang Surjadi mengaku tidak mengetahui kehadiran Awkarin di lokasi.

"Saya tidak tahu ada Awkirin," jawab Surjadi saat ditanya wartawan.

Surjadi menyebutkan ada sekitar 500 wisatawan asing yang datang menyaksikan Gerhana Matahari Cincin di halaman Gedung Gonggong.

"Dari wisatawan yang datang, mereka ada yang stay di Bintan," kata Surjadi.

Wisman yang datang, kata dia, ada yang berasal dari Skotlandia, Prancis, Jerman, dan Republik Rakyat Tiongkok. Menurut Surjadi, tujuan diselenggarakannya Festival Gerhana Matahari Cincin ini adalah mengedukasi masyarakat mengenai fenomena ini dan tentunya dari sisi agama, yakni mengajarkan salat gerhana.

 

Simak video pilihan berikut ini: