Sukses

Bupati Aceh Barat Ajak Warga Perbanyak Doa agar Gerhana Tak Jadi Musibah

Fenomena alam langka Gerhana Matahari Cincin yang terjadi bersamaan dengan peringatan 15 tahun tsunami jadi momentum untuk memperbanyak doa.

Liputan6.com, Aceh - Fenomena alam langka Gerhana Matahari Cincin yang terjadi bersamaan dengan peringatan 15 tahun tsunami, jadi momentum bagi Bupati Aceh Barat H Ramli MS mengajak kepada seluruh masyarakat di Provinsi Aceh agar memperbanyak doa, zikir, dan salat gerhana. Hal itu perlu dilakukan agar fenomena alam gerhana matahari tidak mendatangkan musibah atau malapetaka.

"Salat gerhana merupakan khusus yang jarang terjadi dan dilakukan. Kita memohon kepada Allah SWT agar bencana tidak menimpa rakyat Aceh Barat, Provinsi Aceh maupun Indonesia," kata Ramli MS seperti dikutip Antara, Kamis (26/12/2019).

Menurutnya, sesuatu yang dapat mengubah ketentuan Allah SWT hanyalah dengan memanjatkan doa, sehingga semua umat muslim dan rakyat Indonesia dapat selalu berada dalam lindungan sang pencipta.

Ramli MS juga mengimbau kepada seluruh masyarakat di Aceh agar tidak mudah terprovokasi terhadap isu yang tidak benar terkait fenomena gerhana matahari yang terjadi pada Kamis siang.

"Sebelum ada pengumuman langsung dari pemerintah, baik pusat maupun daerah, masyarakat agar tidak mempercayai isu atau informasi apa pun yang tidak jelas dan tidak akurat sumbernya," kata Ramli MS menambahkan.

Ia juga menegaskan, kewaspadaan terhadap bencana perlu ditingkatkan oleh masyarakat dan bukan suatu hal untuk ditakuti atau pun dikhawatirkan.

"Sebaiknya kita memang harus sigap dan waspada terhadap ancaman bencana yang bisa saja terjadi tanpa diduga, sehingga korban jiwa di masyarakat dapat terhindar dan diminimalisir," tuturnya.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.