Menikmati 'White Christmas' di Kawah Putih Bandung

Oleh Huyogo Simbolon pada 26 Des 2019, 06:00 WIB
Diperbarui 26 Des 2019, 06:00 WIB
Kawah Putih
Perbesar
Kawasan objek wisata Kawah Putih mulai ramai dikunjungi wisatawan saat musim liburan Natal. (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)

Liputan6.com, Bandung Momen libur Natal dimanfaatkan sejumlah wisatawan dengan menikmati suasana alam di objek wisata Kawah Putih, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Rabu (25/12/2019).

Terpantau di lokasi wisata yang berada di kawasan Gunung Patuha ini, terlihat kendaraan dari berbagai daerah di Jawa Barat maupun DKI Jakarta memadati sarana parkir.

Sedangkan, di lokasi wisata Kawah Putih, pengunjung tampak menikmati pemandangan alam dengan hamparan pasir putih. Pengunjung memanfaatkan kunjungan ini dengan berfoto-foto.

Tempat spot foto yang sering digunakan sebagai latar belakang para pengunjung sebagian besar berada di bibir kawah.

Selain itu, ada ikon baru spot foto bernama Skywalk Cantigi yang merupakan jembatan yang menyusuri Hutan Cantigi di Kawah Putih. Dari atas jembatan, pengunjung bisa melihat seluruh areal kawah putih dari atas ketinggian.

Untuk bisa masuk skywalk, wisatawan dikenakan tarif sebesar Rp10.000 per orang. Skywalk Cantigi sendiri terdiri dari dua bagian. Jembatan pertama, panjangnya 500 meter. Sedangkan jembatan terbaru hanya 200 meter. Konstruksi jembatan terbuat dari kayu dan bambu.

Di tengah-tengah jembatan terdapat spot yang menjadi lokasi pemotretan. Di akhir jalur ini terdapat sebuah menara yang mempunyai pemandangan dari ketinggian sehingga kawah terlihat luas.

Menurut petugas loket, Ceppy Herdiana, selama masa liburan tiga hari ini terjadi lonjakan pengunjung dari hari libur biasanya.

"Rata-rata 3.000 pengunjung per hari. Kenaikannya sudah terasa sejak Senin," kata Ceppy.

Pihak pengelola menargetkan kunjungan wisatawan pada libur hari besar dengan jumlah kunjungan lebih dari 7.000 orang per hari.

"Untuk hari ini saja (Natal), kami menargetkan 8.000 orang. Bagi yang berangkat rombongan akan mendapat diskon minimal 20 persen," ujarnya.

Adapun tarif tiket masuk dibanderol Rp25.000 per orang. Sedangkan bagi wisatawan mancanegara, tiket dipatok Rp75.000. Untuk kendaraan roda empat yang ingin parkir dekat dengan lokasi kawah, pengelola mengenakan tarif Rp150.000.

Para pengunjung Kawah Putih juga diingatkan untuk tidak merokok. Hal itu terlihat dari berbagai spanduk petunjuk agar pengunjung tidak merokok saat berada dekat bibir kawah dan saat memasuki skywalk.

Simak video pilihan di bawah ini:

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya