Menikmati Pagi Liburan Natal di Darajat Pass Garut

Oleh Jayadi Supriadin pada 25 Des 2019, 06:00 WIB
Diperbarui 25 Des 2019, 06:00 WIB
Nampak para pengunjung Darajat Pass antusias menikmati seluruh spot dan fasilitas bermain di kawasan Darajat Pass Garut
Perbesar
Nampak para pengunjung Darajat Pass antusias menikmati seluruh spot dan fasilitas bermain di kawasan Darajat Pass Garut (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)

Liputan6.com, Garut Liburan Natal dan tahun baru telah tiba. Tak ada salahnya momen luang waktunya pergi ke Garut, Jawa Barat. Di daerah penghasil dodol itu, anda bisa menikmati kawasan wisata alam Darajat Pass, dengan air hangat alaminya.

Berada di kawasan pegunungan dengan ketinggian 1.700 meter diatas permukaan laut (mdpl), kilau kawasan wisata air hangat Darajat Pass yang berada di Kecamatan Pasirwangi, Garut, Jawa Barat, memang terus berkibar.

Ribuan pengunjung dari berbagai daerah Jawa Barat, hilir mudik datang silir berganti menikmati sensasi air hangat alami, di salah satu spot pegunungan Darajat tersebut.

Tak pelak pada saat momen besar seperti liburan Natal dan tahun naru 2020 kali ini, rasa penasaran warga untuk berlibur pun mulai menyemut di sana.

“Saya sudah dua kali ke sini dengan hari ini,” ujar Hariyadi, (55), salah satu pengunjung asal ibukota Jakarta, Selasa (24/12/2019).

Bersama dua buah hatinya yang mulai beranjak dewasa, ia nampak menikmati suasana udara sejuk bersama Titin, (50), istrinya pada libur Natal dan tahun baru 2020 ini.

“Enak saja, yang tidak banyak berubah udaranya tetap segar dan sejuk dari dulu,” ujar dia.

Simak video pilihan berikut ini:

2 dari 3 halaman

Air Tumpah

Air Tumpah, menjadi salah satu spot pilihan di Darajat Pass yang kerap diintai seluruh pengunjung yang datang
Perbesar
Air Tumpah, menjadi salah satu spot pilihan di Darajat Pass yang kerap diintai seluruh pengunjung yang datang (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)

Namun di tengah limpahan karunia alam yang begitu mempesona, akses transportasi jalan menuju ke kawasan itu terbilang sempit, sehingga kerap menimbulkan antrian dan kemacetan parah.

“Apalagi jika ada bis besar turun atau naik satu, dan saat bersamaan juga bis masuk juga, ya sudah harus mengalah (berhenti) salah satu,” papar dia.

Hal senada disampaikan Roni, (36), salah satu pengunjung lokal Garut. Menurutnya, sejak lama mayoritas keluhan pengunjung yang datang ke kawasan wisata Darajat, akibat sempitnya akses jalan raya Pasirwangi-Garut.

“Padahal ini sudah menjadi destinasi wisata baru, harusnya pemerintah melakukan berbagai upaya (memperlebar jalan),” kata dia.

Untuk memberikan kenyamanan bagi pengunjung, ia berharap pemerintah mencari solusi jangka panjang untuk menyediakan akses jalan raya yang mendukung perjalanan.

“Potensi bagus juga kalau tanpa dukungan jalan ya sulit juga, paling jumlah pengunjung begini saja,” ujarnya.

Spot Air Tumpah sebenarnya tidak ada yang aneh bahkan baru sekalipun. Namun semangat kebersamaan saat bersama pengunjung lain, menunggu tumpahan air datang yang ditumpahkan dari satu wajan besar, menjadi sensasi tersendiri bagi seluruh pengunjung yang datang.

Tak ayal sejak pertama kali Darajat Pass dibuka, fasilitas permainan air tumpah langsung menjadi buruan pengunjung. Tua, muda hingga anak-anak nampak semangat untuk menyambut, datangnya limpahan air dalam jumlah besar bagi mereka.

 

3 dari 3 halaman

Family Gathering

Family Gatehering, selain menikmati hangatnya air alami, kegiatan makan bersama selalu menjadi bumbu pelengkap yang sangat bermakna saat liburan anda tiba
Perbesar
Family Gatehering, selain menikmati hangatnya air alami, kegiatan makan bersama selalu menjadi bumbu pelengkap yang sangat bermakna saat liburan anda tiba (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)

Family Gathering, sebagai kegiatan baru yang kerap dijadikan sarana silaturahmi antar keluarga, keberadaan spot yang mendukung seperti Darajat Pass, bisa menjadi alternatif kegiatan keluarga anda saat Natal dan Tahun Baru 2020 kali ini.

Selain keluarga, kegiatan family gathering saat ini kerap dilakukan sebuah organisasi atau perusahaan,termasuk komunitas atau kumpulan dalam suatu lingkungan perumahan, dimana sesama warga berkumpul bersama, pergi ke satu tempat atau luar kota dan melakukan kegiatan bersama.

Berada tepat di bawah papan besar DARAJAT PASS yang berada di atas bukit kawasan wisata Darajat Pass, keberadaan Bukit Darajat, menjadi salah satu view yang sangat cocok pengunjung coba saat berada di sana.

Apalagi bagi anda yang sengaja memboyong keluarga dalam jumlah yang cukup banyak, maka pilihan botram atau makam besar bersama di alam terbuka, bisa menjadikan acara keluarga anda cukup berkesan tahun ini.

Selain flaying Fox, kawasan perbukitan yang menantang,view lain yang bisa dinikamati pengunjung Darajat Pass yakni Menara Pandang, di atas fasilitas itu, pengunjung bisa menikmati seluruh kawasan Darajat Pass di atas ketinggian, indah bukan?

Bagi anda yang belum menikmati seluruh sarana dan fasilitas di sana, tidak ada salahnya libur Natal dan Tahun Baru kali ini, menghabiskan liburan di salah satu kawasan wisata kota Intan Garut tersebut. Selamat menikmati.

Lanjutkan Membaca ↓