Hadiah Spesial Natal untuk Umat Nasrani dari Polisi Kebumen

Oleh Muhamad Ridlo pada 25 Des 2019, 03:00 WIB
Diperbarui 25 Des 2019, 03:00 WIB
Kapolres AKBP Rudy Cahya Kurniawan turut membersihkan Gereja Kristen Indonesia (GKI) Kebumen. (Foto: Liputan6.com/Polres Kebumen/Muhamad Ridlo)

Liputan6.com, Kebumen - Pekan ini adalah hari istimewa bagi umat Nasrani. Rabu, 25 Desember 2019, mereka merayakan Natal.

Kebahagiaan umat Nasrani itu rupanya juga turut dirasakan oleh para polisi di Kebumen, Jawa Tengah. Menjelang hari istimewa itu, polisi membersihkan gereja-gereja yang akan digunakan untuk kebaktian Natal.

Para personel polisi mengesampingkan latar belakang agamanya. Aksi membersihkan gereja ini bentuk kepedulian untuk sesama.

Kapolres Kebumen, AKBP Rudy Cahya Kurniawan bilang pembersihan lingkungan gereja itu adalah bentuk dukungan kepolisian Kebumen untuk umat Nasrani yang hendak merayakan Natal. Polisi turut membantu bersih-bersih dan merapikan lingkungan gereja.

"Kegiatan ini adalah bentuk dukungan kami (Polres Kebumen) kepada umat Kristiani yang sedang merayakan Natal. Melalui kegiatan ini, kami ingin meringankan beban dengan ikut membersihkan gereja," ucap Kapolres, ketika turut membersihkan Gereja Kristen Indonesia (GKI) Kebumen.

Mardi, pengurus GKI Kebumen mengaku sangat berbahagia mendapat bantuan dari kepolisian. Ini bukan sekadar aksi bersih-bersih. Lebih dari itu, kebersamaan dan toleransi begitu tampak dari kegiatan ini.

"Kami menyambut positif kegiatan Polres Kebumen di gereja kami. Para personel Polres Kebumen ada yang menyapu, ada yang membersihkan kaca. Semoga kegiatan ini bisa terus berlanjut," kata Mardi, yang tengah bahagia menyambut Natal.

Simak video pilihan berikut ini:

2 dari 2 halaman

Pengamanan Gereja

Polres Kebumen mengerahkan anjing pelacak untuk sterilisasi gereja jelang Natal. (Foto: Liputan6.com/Polres Kebumen/Muhamad Ridlo)
Polres Kebumen mengerahkan anjing pelacak untuk sterilisasi gereja jelang Natal. (Foto: Liputan6.com/Polres Kebumen/Muhamad Ridlo)

Tentu saja, sisi keamanan juga tak luput dari pantauan kepolisian. Personel Polres Kebumen mengerahkan segala sumber daya untuk memastikan agar keamanan para perayaan Natal.

Kepolisian mensterilisasi gereja, termasuk mengerahkan anjing pelacak (K9) dalam pengamanan objek-objek vital, khususnya gereja-gereja yang akan digunakan untuk perayaan Natal.

Kasubbag Humas Polres Kebumen, Iptu Tugiman mengatakan gereja yang menjadi perhatian utama kepolisian adalah gereja besar yang akan digunakan untuk kebaktian Natal, yakni, Gereja Bethel Indonesia, Jalan Arumbinang, Gereja Santo Yohanes, Jalan Sutoyo, Gereja GKI, di jalan Kolonel Sugiono dan Gereja Kristen Jawa di Jalan Pemuda Kebumen.

"Kegiatan ini merupakan langkah antisipatif guna mencegah kemungkinan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan yang bisa mengganggu kekhusyukan jalannya ibadah umat Nasrani di tempat-tempat perayaan Natal 2019 besok," ucap Tugiman.

Dia menjelaskan, para petugas menyisir bagian luar dan dalam gereja. Tim memeriksa dengan teliti tiap sudut gereja untuk memastikan tak ada benda-benda yang berpotensi berbahaya.

Tugiman juga meminta agar warga turut menjaga keamanan. Jika mengetahui hal mencurigakan, warga diminta untuk tak segan melapor ke kepolisian.

"Kami menyadari bahwa Kepolisian tidak bisa bekerja sendiri tanpa peran aktif masyarakat," dia mengungkapkan.

Lanjutkan Membaca ↓