Sukses

Kapolda Sumsel Pastikan Tol Trans Sumatera Sudah Aman Dilewati

Kapolda Sumsel dan Bupati Kabupaten OKI Sumsel meninjau langsung untuk memastikan Tol Trans Sumatera mendapat pengamanan.

Liputan6.com, Palembang - Jelang perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 mendatang, ruas jalan Tol Trans Sumatera akan dibuka untuk para pemudik. Untuk memastikan keamanan, Kapolda Sumatera Selatan (Sumsel) Irjen Pol Priyo Widyanto bersama Bupati Ogan Komering Ilir (OKI) Iskandar, meninjau kesiapan jalur libur akhir tahun di tol ruas Palembang-Lampung.

Mereka melakukan peninjauan pos pengamanan dan pos pelayanan Operasi Lilin Musi 2019, seperti di Km 347 Jejawi, Km 269 Mesuji dan km 277 Mesuji Raya Kabupaten OKI Sumsel.

Ada empat Pos PAM yang didirikan, yaitu 3 Pos PAM ada di Kabupaten OKI Sumsel dan 1 pos di Banyuasin, yang berada di perbatasan Palembang yang arah masuk pintu masuk Tol Trans Sumatera.

"Secara kontruksi tol ini (Palembang-Kayuagung) sudah memenuhi syarat. Seperti standar jalannya, batas jalan, kita lihat sudah cukup memadai. Meski untuk rest area kondisinya masih di bawah 50 persen, namun bisa dioperasionalkan," ujar Kapolda Sumsel, Senin (23/12/2019).

Diakuinya, untuk rest area belum begitu rapi karena masih kontruksi. Namun akan ada para petugas gabungan di pos pelayanan dan pos pengamanan dari Polda Sumsel, untuk melayani para pelintas tol trans Sumatera.

Sebanyak 250 personil diterjunkan dari Polres OKI selama Operasi (Ops) Lilin 2019 yang digelar terhitung sejak tanggal 23 Desember 2019 hingga 2 Januari 2020.

“Dari Palembang-Kayuagung masih fungsional, dari Kayuagung hingga perbatasan sudah operasional. Untuk memberikan rasa aman dan nyaman kita turunkan sebanyak 250 personel,” ucapnya.

Kapolda Sumsel juga mengingatkan bagi masyarakat yang ingin melintas di ruas tol Trans Sumatera, yaitu dari Kayuagung menuju Pematang Panggang. Karena jalan tol sepanjang 77 Kilometer tersebut tak memiliki gerbang keluar.

Lalu, masyarakat juga harus mempersiapkan segala sesuatu sebelum masuk Tol Trans Sumatera, seperti mengisi penuh Bahan Bakar Minyak (BBM). Untuk mengantisipasi kecelakaan dan tindak kejahatan, akan ada patroli, terutama di ruas jalan Palembang sampai Mesuji.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Prediksi Lonjakan Pemudik

Bupati OKI Iskandar mengungkapkan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKI Sumsel akan memberi dukungan untuk kelancaran penyelenggaraan Angkutan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

“Kami telah bersinergi dengan TNI dan Polri tidak hanya untuk kelancaran lalu lintas, tetapi juga mendukung keamanan dan pelayanan kesehatan kepada para pelintas,” ujarnya.

Iskandar memperkirakan akan terjadi lonjakan arus lalu lintas pada libur Natal dan Tahun baru, karena pengoperasian Tol Trans Sumatera.

“Masyarakat memang lebih banyak memilih bepergian di akhir tahun ini memanfaatkan jalan tol yang sudah terhubung. Bahkan dapat memangkas waktu perjalanan hingga 50 persen dari sebelumnya, lebih nyaman dan menyingkatkan waktu perjalanan,” katanya.

Jalur Tol Trans Sumatera ini sendiri terbagi menjadi beberapa jalur. Untuk Kayuagung-Palembang sudah fungsional dan tidak berbayar.Lalu Kayuagung-Pematang Panggang-Terbanggi Besar statusnya sudah operasional dan gratis. Namun dari Terbanggi Besar-Bahaheuni Lampung, tolnya sudah beroperasi dan berbayar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.