Sukses

500 Toko Alfamart di Palembang Siap Layani Jasa Ekspedisi Produk UMKM

Alfamart kini menghadirkan layanan jasa pengiriman paket bernama Alfatrex, yang bisa dijangkau pelanggan di toko Alfamart yang tersebar se-Indonesia.

Liputan6.com, Palembang - Minimarket waralaba Alfamart kini tengah mengembangkan bisnisnya. Tidak hanya di retail produk saja, Alfamart kini juga mencoba peruntungan di jasa ekspedisi yang dinamakan Alfatrex.

Salah satu yang dibidik Alfatrex yaitu pesatnya bisnis Unit Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Terlebih masifnya penggunaan jasa e-commerce dan penjualan online di media sosial, yang memudahkan pelanggan dari berbagai daerah untuk mendapatkan produk jualan UMKM.

Kota Palembang Sumatera Selatan (Sumsel) menjadi salah satu daerah untuk pengembangan jasa ekspedisi pendatang baru ini. Ada sekitar 500 toko Alfamart yang tersebar di Palembang, yang memudahkan para pelanggan untuk mengantar dan mengambil paketnya.

Untuk lebih mendekatkan diri ke UMKM di Palembang, Alfatrex menggelar sosialisasi dan edukasi melalui program Melek Digital, yang digelar di Eat Bos Palembang, pada hari Selasa (17/12/2019) lalu.

Manager Marketing Alfatrex Ferdian Hadi Putra mengatakan, Alfatrex melalui program melek digital, mempunyai mimpi dan harapan untuk mengajak UMKM go digital.

"Sebagai perusahaan logistik di Indonesia, kami ingin ikut bereran serta dalam memajukan UMKM di Indonesia, khususnya di Kota Palembang. Apalagi, pengguna internet di Kota Palembang terbesar kedua di Sumatera,” ujarnya, Jumat (20/12/2019).

Saat ini ada sekitar 500 toko Alfamart di Kota Palembang, yang akan melayani jasa logistik pelanggannya. Namun untuk di awal, managemen Alfatrex akan melakukan pelatihan berjangka ke para karyawannya.

Simak video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

UMKM Bersiap Hadapi Era Industri 4.0

Baik harga maupun jasa pengiriman sama dengan jasa ekspedisi lain, namun jaringan bisnis Alfamart Group ini, lebih mudah dijangkau oleh para pelanggannya. Paket yang ingin dikirim, cukup diantarkan di toko-toko Alfamart, yang sudah tersebar di setiap kecamatan.

Selain itu, ada beberapa layanan unggulan yang ditonjolkan. Seperti pengiriman door to door, Door to Store, Store to Door dan Store to Store. Jadi, pelanggan tidak perlu repot untuk mengantar paket ke toko Alfamart, karena akan ada kurir yang akan menjemput dan mengantar paket ke pelanggan.

Untuk mendapatkan kemudahan pelayanan, bisa langsung bisa buka website alfatrex.id dan membuat akun pribadi maupun usaha di sana. Lalu tinggal isi data pengiriman, seperti nama, alamat tujuan dan detail paket yang akan dikirim. Nanti akan dapat kode booking, yang akan digunakan untuk transaksi di kasir atau kurir yang datang.

 “Alfatrex merupakan layanan pengiriman paket melalui toko Alfamart, Alfamidi dan Dan+Dan. Jadi Anda bisa kirim dan ambil paket melalui 13.000 dropstore yang tersebar di seluruh Indonesia. Alfatrex ini menyediakan layanan dalam jumlah kecil maupun besar, dengan waktu dan pilihan yang beragam sesuai dengan kebutuhan pelanggan," ungkapnya.

Sosialisasi dan edukasi bagi UMKM melalui program Melek Digital ini, akan digelar secara roadshow di berbagai kota di Indonesia. Kegiatan ini bertujuan memberi nilai tambah serta daya saing bagi pelaku usaha untuk dapat memanfaatkan sistem digital, serta mengaplikasikan agar siap menghadapi tantangan di era industri 4.0.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.