Sukses

Hujan Deras, Banjir Rendam Fasilitas Umum di Bukittinggi

Hujan deras yang mengguyur Kota Bukittinggi, Sumatera Barat pada Kamis (19/12/2019) malam, mengakibatkan sejumlah wilayah di daerah itu terendam banjir.

Liputan6.com, Padang - Hujan deras yang mengguyur Kota Bukittinggi, Sumatera Barat pada Kamis (19/12/2019) malam, mengakibatkan sejumlah wilayah di daerah itu terendam banjir. Bahkan air juga masuk ke IGD Rumah Sakit Islam (RSI) Ibnu Sina (Yarsi).

Ketinggian banjir yang menggenangi Kota Bukittinggi berkisar satu meter, bahkan ada yang mencapai dua meter di beberapa tempat, kata Kepala Markas PMI Bukittinggi Ahmad Jaiz, saat sedang memantau korban banjir.

"Di Yarsi, air sampai ke IGD. Hujannya baru malam ini, tapi intensitasnya tinggi," katanya kepada Liputan6.com, Kamis malam.

Banjir juga merendam Markas PMI, dan juga satu unit rumah dan mobil jenis volkswagen (VW) terbawa longsor. "Informasinya untuk data korban banjir terdampak saat ini masih dalam pendataan oleh instansi terkait," kata dia.

Tim PMI hingga saat ini ikut melakukan evakuasi korban, dengan menggunakan perahu karet. Jaiz menyebut air masih belum surut namun intensitas hujan sudah semakin turun.

Sementara Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Minangkabau memperkirakan hujan masih akan mengguyur daerah Bukittinggi hingga hari ini dengan intensitas sedang hingga lebat.

"Beberapa wilayah diperkirakan masih diguyur hujan hingga beberapa jam ke depan," kata Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Minangkabau, Yudha Nugraha.

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.