Sukses

Jalur Puncak Ditutup pada Malam Pergantian Tahun

Direktur Lalu Lintas Polda Jawa Barat Komisaris Besar Eddy Djunaedi memastikan jalur wisata Puncak, Bogor, akan ditutup untuk kendaraan bermotor saat malam pergantian tahun.

Liputan6.com, Bandung - Direktur Lalu Lintas Polda Jawa Barat Komisaris Besar Eddy Djunaedi memastikan jalur wisata Puncak, Bogor, akan ditutup untuk kendaraan bermotor saat malam pergantian tahun. Pihaknya menyiapkan penyekatan untuk mengantisipasi kemacetan di sekitar wilayah tersebut.

Eddy menjelaskan, penutupan untuk car free night di jalur puncak dilakukan pada 31 Desember 2019 pukul 18.00 WIB sampai 1 Januari 2020 pukul 06.00 WIB.

"Untuk jalur Puncak kita sudah menyiapkan skenario yang kemungkinan besar akan sama dengan tahun kemarin. Mulai pukul 18.00 akan ditutup dan kita lakukan penyekatan sehingga semua arah akan diarahkan ke Puncak," kata Eddy di Bandung, Kamis (19/12/2019).

Sebelum dilaksanakan car free night, lanjut Eddy, akan diberlakukan one way ke arah Puncak mulai 31 Desember 2019 pukul 07.00 hingga 12.30 WIB. Kemudian dilanjutkan dengan pembukaan arus lalu lintas dua arah pada pukul 12.30-18.00 WIB kemudian dilanjutkan lagi dengan car free night.

Pada 1 Januari 2020 setelah pukul 06.00 WIB diberlakukan one way ke arah Puncak selama 1-2 jam, kemudian dua arah sampai dengan pukul 13.00 WIB. Setelah itu, diberlakukan one way ke arah Jakarta mulai pukul 13.00 sampai dengan arus lalu lintas kembali normal.

"Mudah-mudahan kalau tahun lalu bisa bagus diharapkan tahun ini lebih bagus. Kita akan menyiapkan skenario yang terbaik," ujarnya.

Selain itu, Eddy menyebut pihaknya terus mendorong Pemda setempat menyediakan shuttle bus. Dengan skema tersebut diharapkan wisatawan dapat memanfaatkannya sehingga pergerakan dan volume kendaraan di jalur Puncak tidak terlalu padat.

"Kemarin, pihak pemda akan menyiapkan shuttle bus menuju arah parkir," ujarnya.

Untuk tempat parkir, pihaknya juga akan berkoordinasi agar disediakan lahan parkir kendaraan wisatawan yang akan menikmati malam tahun baru di kawasan Puncak.

"Untuk kantung parkir sudah disiapkan. Lokasi parkir sifatnya terbuka dan lebar sehingga tidak mengganggu pergerakan arus lalu lintas ke arah Puncak maupun sebaliknya," katanya.

Simak video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.