Panglima TNI dan Kapolri Hadiri Apel Pengamanan Natal dan Tahun Baru di Medan

Oleh Reza Efendi pada 20 Des 2019, 08:35 WIB
Diperbarui 22 Des 2019, 00:13 WIB
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Idham Azis

Liputan6.com, Medan - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Idham Azis pimpin langsung apel gelar pasukan untuk pengamanan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. Apel gelar pasukan dilaksanakan di Lapangan Benteng Medan, Jalan Pengadilan, Kota Medan.

Pengamanan Natal dan Tahun Baru disebut Operasi Lilin Toba 2019. Apel dihadiri dari berbagai instansi diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan penyampaian dari Marsekal Hadi.

Panglima TNI mengatakan, agar perayaan Natal dan Tahun Baru berjalan lancar dibutuhkan kesiapan secara fisik, serta kerja keras seluruh komponen. Selain TNI dan Polri, masyarakat juga memiliki peran penting dalam menjaga kondusivitas.

"Pada era yang diwarnai dengan komunikasi digital dan media sosial, kita harus memperkuat sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara, seperti bergotong royong dan toleransi," kata Panglima Hadi, Kamis (19/12/2019).

Jenderal bintang empat itu mengajak, dalam menyambut menyambut tahun baru 2020 seluruh komponen harus memiliki rasa optimisme. Semangat demokrasi juga harus dikedepankan untuk menjunjung tinggi rasa persatuan dan kesatuan.

"Mari, semua berdoa agar perayaan Natal dan pergantian tahun dapat berjalan aman dan lancar. Kepada seluruhnya, yang beragama Nasrani, saya ucapkan selamat merayakan Natal dan Tahun Baru 2020," ucapnya.

Panglima TNI juga mengatakan, dilaksanakannya apel gelar pasukan yang berpusat di Kota Medan tidak ada yang istimewa, melainkan dengan maksud untuk silaturahmi dengan jajaran Kodam Bukit Barisan dan Polda Sumatera Utara (Sumut).

"Kita menginginkan silaturahmi di Sumut, kemungkinan tahun depan kita pilih wilayah mana yang menjadi pusat untuk melaksanakan apel persiapan keamanan," ungkapnya.

120 Ribu Personel TNI-Polri Disiagakan

Kapolri Jenderal Idham Azis menyebut, sebanyak 120 ribu personel TNI -Polri disiagakan dalam pengamanan perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. Dipilihnya Medan sebagai lokasi apel gelar pasukan untuk memberi motivasi kepada seluruh personel di jajaran Kodam Bukit Barisan dan Polda Sumut.

"Agar pelaksanaan Operasi Lilin Toba yang dimulai tanggal 23 Desember 2019 sampai 2 Januari 2020 berjalan aman, lancar, dan tertib," sebutnya.

Kapolri juga mengungkapkan, pihaknya bersama TNI sudah melakukan mapping di seluruh daerah dengan tingkat kerawanannya. Selain 120 ribu personel TNI-Polri, Operasi pengamanan Natal dan Tahun Baru juga melibatkan Pemda (Pemerintah Daerah) dan organisasi masyarakat.

"Kita berharap agar pengamanan dapat dijaga bersama, karena pengamanan bukan hanya TNI dan Polri saja, masyarakat, juga memiliki peran aktif dalam menjaga situasi sehingga kondusif," terangnya.

Gubernur Sumut Sambut Positif

Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, menyambut positif gelar pasukan Operasi Lilin Toba 2019. Edy berharap seluruh komponen bisa memberi rasa aman bagi warga selama masa Natal-tahun baru. Orang nomor satu di Sumut ini juga berterima kasih kepada Kapolri Jenderal Idham Azis dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto yang memimpin langsung apel ini.

"Kita apresiasi dan terima kasih kepada pemerintah, karena di tempat kita ini dijadikan tempat gongnya siaga keamanan, khususnya pengamanan Natal dan Tahun  Baru, mari sama-sama kita jaga keamanan dan kekondusifan," Edy menandaskan.

Usai memberikan sambutan, Panglima TNI dan Kapolri menyematkan pin kepada perwakilan personel untuk pengamanan perayaan Natal dan Tahun Baru. Selanjutnya mereka melakukan pengecekan pasukan.

 

Simak video pilihan berikut ini: