6 Destinasi Wisata Liburan Tahun Baru di Pandeglang

Oleh Liputan Enam pada 21 Des 2019, 06:00 WIB
Diperbarui 22 Des 2019, 13:13 WIB
Pemuda Ujung Kulon Bangkitkan Wisata yang Hancur Akibat Tsunami

Liputan6.com, Banten - Selain dikenal sebagai kota santri, Pandeglang ternyata juga menyimpan beragam keindahan alam. Bahkan beberapa di antaranya masih sangat alami dan hanya sedikit orang yang tahu.

Bagi Anda yang ingin mengisi liburan akhir tahun di Pandeglang, berikut 6 destinasi wisata akhir tahun di Pandeglang yang bisa menjadi referensi.

Pulau Badul

Pulau dengan ukuran yang tidak besar bahkan ukurannya mini sekali. Pulaunya hanya berupa hamparan pasir putih lembut yang diliputi lautan biru sejernih kristal, yang menampakkan kehidupan yang kaya di bawahnya.

Di pulau yang terletak di Taman Nasional Ujungkulon, Banten ini kamu hanya akan menemukan secuil rumpun pepohonan yang mustahil dipakai untuk berteduh dari panasnya matahari.

Namun begitu kamu menceburkan diri ke lautnya, kamu akan terpesona oleh hamparan taman laut yang dihuni berbagai koral dan ikan-ikan cantik.

2 dari 7 halaman

Pulau Oar

Jembatan Leta Oar Ralan ini menghubungkan Pulau Yamdena dan Pulau Larat di Maluku. (Foto: Kementerian PUPR)
Jembatan Leta Oar Ralan ini menghubungkan Pulau Yamdena dan Pulau Larat di Maluku. (Foto: Kementerian PUPR)

Pulau Oar sepintas masih terdengar cukup asing ditelinga, namun kecantikan pulau kecil ini mulai dilirik oleh banyak traveler.

Keindahan pulau ini memang sudah terasa begitu menginjakkan jemari kaki diatas pasir pantainya.

Memiliki pasir putih nan halus dan perairan jernih, menjadi pesona tiada tara Pulau Oar. Pulau Oar terletak tepatnya di Desa Sumur, Pandeglang. Desa Sumur masih termasuk dalam kawasan Taman Nasional Ujung Kulon.

3 dari 7 halaman

Pulau Umang

Pulau ini memiliki luas wilayah sekitar 9.160 km2 dengan dihiasi panorama alam nan indah.

Selain menikmati keindahan alamnya, kamu juga bisa memanfaatkan ragam fasilitas di Pulau Umang dengan menikmati wahana permainan air. Misalnya, bermain jetski dan banana boat.

Pulau Umang ini tepatnya berada di Desa Sumberjaya, Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten.

4 dari 7 halaman

Mata Air Citaman

Kolam ini memiliki air yang sangat jernih sehingga memiliki warna biru kehijauan. Bahkan beberapa dari pengunjung juga berkata airnya sedingin es karena berada di kaki Gunung Pulosari.

Mata air ini memiliki air yang jernih, tak heran banyak dari pengunjung yang berfoto-foto di bawah air. Saking jernihnya, bahkan bebatuan yang berada di dasar kolam dapat terlihat dengan jelas.

Kolam mata air ini telah ada sejak zaman purbakala bahkan sebelum Masehi. Dengan usianya yang melebihi 2500 tahun, tempat ini masih bertahan hingga kini.

Mata air ini berada di Jl. Raya Jiput, Sukasari, Pulosari, Kabupaten Pandeglang.

5 dari 7 halaman

Curug Ciajeng Kembar

Wisata Geopark Ciletuh
Sejumlah wisatawan menikmati curug Sodong Kembar di kawasan Ciletuh Geopark, Sukabumi, Sabtu (23/6). Tempat ini kian populer karena keindahan alamnya dan batuan alamnya yang dihadirkan di setiap obyek wisata di Geopark Ciletuh. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Wisata Curug Ciajeng Kembar di Carita Pandeglang Banten ini memiliki tebing yang indah bebatuan yang besar pepohonan yang masih hijau dan pastinya, bebas dari sampah.

Air terjun ini mungkin di bilang jauh dari rumah penduduk, karna air tejun ini berada di tengah tengah pegunungan perhutani, oleh karena itu untuk menuju ketempat ini anda harus berjalan kaki dari kampung jaha sampai ketempat tujuan.

Wajar saja karena wisatanya masih baru dan jalanya masih tanah merah.

Wisata Curug Ciajeng Kembar di Carita Pandeglang Banten adalah salah satu tempat wisata yang berada di Desa Cinoyong, Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang, Banten.

6 dari 7 halaman

Mata Air CIkoromoy

Dasar kolam masih alami dengan adanya bebatuan dan pasir yang dibiarkan begitu saja untuk menjaga kealamian mata air Cikoromoy.

Sumber air di kolam ini berasal dari mata air di Desa Cikoromoy, karena itu objek wisata tersebut dinamakan mata air Cikoromoy.

Lokasinya berada di Kampung Cibulakan, Desa Kadubungbang, Kecamatan Cimanuk, Kabupaten Pandeglang, Banten.

 

Akhmad Mundzirul Awwal/PNJ.

7 dari 7 halaman

Simak Video Pilihan Berikut:

Lanjutkan Membaca ↓