Heboh Kambing Berwajah Dajjal di Gorontalo, Ini Kata Dokter Hewan

Oleh Arfandi Ibrahim pada 17 Des 2019, 15:00 WIB
Diperbarui 17 Des 2019, 15:00 WIB
Kambing Bermata Satu
Perbesar
Seekor kambing jantan di Kelurahan Molosipat U, Kecamatan Sipatana, Kota Gorontalo lahir dengan mata satu. (Liputan6.com/ Arfandi Ibrahim)

Simak juga video pilihan berikut ini:

Kejadian aneh baru-baru ini menggemparkan warga Kelurahan Molosipat U, Kecamatan Sipatana, Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo. Seekor kambing lahir hanya dengan satu mata, warga menyebutnya mirip seperti dajjal.

Kambing milik warga bernama Wanti Nau mengatakan, awalnya dia tak menyangka jika kambingnya memiliki keanehan. Wanti hanya mengira waktu dilahirkan kambing itu diinjak oleh induknya sehingga rusak di bagian wajah.

"Setelah diamati memang yang satunya kambing itu hanya memiliki mata satu dan tidak berdiri," ungkapnya.

Terkait fenomena langka itu, drh Feny Rimporok, PPH Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo mengatakan, kelahiran anak kambing bermata satu sangat wajar terjadi, kemungkinan besar diakibatkan adanya kelainan pada janin induknya. 

"Biasanya secara medis itu terjadi karena ada kelainan kongenital, memang induknya sehat, cuma yang ada kelainan pada janinnya saja," tutur Feny.

Menurutnya, kelahiran tak biasa pada kambing juga bisa dipengaruhi beberapa faktor, salah satunya asupan nutrisi yang tidak cukup sehingga pertumbuhan janin tidak sempurna.

Selain itu, gen bawaan induk juga bisa mempengaruhi kelahiran anak kambing. Gen bawaan biasanya juga dipengaruhi pemberian obat-obatan yang salah pada kambing.

"Karena kalau salah, itu sangat fatal, dari awal kami juga sering sosialisasikan kepada masyarakat hati-hati dalam pemberian obat," tambahnya.

"Jika ternak bunting tidak bisa dilakukan pengobatan antibiotika secara sembarangan, namun pemberian nutrisi itu sangatlah penting untuk pertumbuhan janin ternak," katanya menambahkan. 

Sebelumnya diberitakan seekor kambing di Gorontalo melahirkan dua anak, salah satunya mengalami kecacatan lantaran lahir dalam kondisi hanya memiliki satu mata. Hanya selang beberapa menit, anak kambing bermata satu itu langsung mati. Jika itu disebabkan kelainan pada janin, mengapa anak kambing yang satu lagi terlahir normal?

 

 

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya