Sukses

Jurus DIY Jadi Cyber Province

Selaras dengan misi 2025 Grab for Good, Grab ingin turut serta dalam pengembangan daerah di Indonesia dan menggunakan teknologi

Liputan6.com, Yogyakarta - Super apps Grab bekerja sama dengan Pemerintah DIY untuk mewujudkan provinsi cerdas berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Kerja sama ini meliputi bidang kesehatan, komunikasi dan informatika, perhubungan, pariwisata, pendidikan, pemuda, dan olahraga, kebudayaan, serta usaha kecil menengah.

“Selaras dengan misi 2025 Grab for Good, Grab ingin turut serta dalam pengembangan daerah di Indonesia dan menggunakan teknologi untuk menciptakan dampak berkelanjutan di masyarakat,” ujar Neneng Goenadi, Managing Director Grab Indonesia, seusai penandatanganan nota kesepahaman dengan Pemprov DIY, Jumat (13/12/2019).

Ia mengungkapkan teknologi smart city akan membantu meningkatkan berbagai aspek kehidupan masyarakat, mulai dari mobilitas, efisiensi pelaksanaan tugas, sampai dampak sosial berupa peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Ada lima program utama, yakni Integrated Mobility Co-creation berupa pemanfaatan teknologi dan layanan aplikasi guna memperluas layanan transportasi dan untuk memudahkan mobilitas masyarakat DIY. Kedua, Sustainable Economy Co-Creation yang memanfaatkan teknologi dan layanan aplikasi untuk mendukung pertumbuhan ekonomi berkelanjutan di DIY.

Ketiga, Efficiency Co-Creation yang dilakukan untuk meningkatkan efisiensi operasional pelaksanaan tugas ASN dan memudahkan pelayanan publik kepada masyarakat. Keempat, Social Impact Co-Creation, yakni upaya bersama yang berdampak sosial bagi masyarakat, terutama di bidang kesehatan dan pendidikan. Kelima, Cultural and Tourism Co-Creation untuk meningkatkan kesadaran masyarakat atas budaya dan kemajuan sektor pariwisata di DIY dan sekitarnya.

Gubernur DIY, Sultan HB X menyambut baik kerja sama ini dan berharap menjadi awal bagi DIY menuju cyber province.

“Prinsip pemerintah daerah itu harus investasi di bidang infrastruktur, IT, dan SDM sehingga kami bekerja sama dengan Grab yang berinvestasi di bidang infrastruktur dan aplikasi,” kata Sultan.

Menurut Sultan, kerja sama dengan Grab ini dapat mengembangkan jaringan, sehingga DIY menjadi kompetitif dan go internasional.

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.