Sukses

Ridwan Kamil Dorong Kerja Sama 3 Universitas Korsel dan Jabar

Kerja sama itu dimulai dari program manajemen bisnis nantinya berkembang ke teknologi 4.0.

Liputan6.com, Jakarta Ada sebuah penelitian yang menyatakan bahwa masa depan dunia, ada di benua Asia atau disebut Asia Century. Oleh karena itu, untuk mewujudkannya negara-negara di Asia diminta untuk saling bekerja sama.

Demikian dikatakan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat menghadiri acara penandatanganan nota kesepahaman kerja sama antara Dong-A University, Korea Selatan dengan Telkom University dan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Senin (9/12).

“Dalam sebuah riset disampaikan bahwa masa depan dunia itu ada pada benua Asia atau disebutnya Asian Century. Jadi, rekomendasinya negara-negara Asia bekerjasamalah dalam berbagai bidang untuk menjadikan masa depan adalah masa depan orang-orang Asia,” kata Emil.

Untuk itu, Emil menuturkan pihaknya mendorong berbagai kerja sama di berbagai bidang. Salah satunya dunia pendidikan di Jawa Barat untuk melakukan kerja sama dengan perguruan tinggi luar negeri khususnya yang ada di Asia. Kerja sama tersebut tentunya diharapkan dapat membawa kemajuan bagi daerah dan masyarakat Jawa Barat di bidang yang dikerjasamakan.

“Oleh karena itu saya mendorong Dong-A University, Telkom University, dan UPI untuk bekerja sama dimulai dari program manajemen bisnis nantinya berkembang ke teknologi 4.0, dan lain-lain. Sehingga kita belajar kekuatan dari Korea dan di masa depan akhirnya benefit-nya akan hadir kepada masyarakat Jawa Barat.”

Adapun beberapa poin kerja sama yang dilakukan antara Dong-A University dengan Telkom University dan UPI teruang dalam nota kesepahaman yang ditandatangani langsung Rektor Dong-A University Suk-Jung Han dan Rektor Telkom University Adiwijaya serta Rektor UPI Asep Kadarohman.

Poin-poin kerja sama antara Dong-A University dengan Telkom University, yaitu:

  1. Pertukaran staf akademik, administrasi, dan peneliti
  2. Pertukaran mahasiswa tingkat sarjana dan pascasarjana
  3. Melakukan proyek penelitian kolaboratif dan kegiatan pelatihan
  4. Pembentukan kurikulum bersama
  5. Melakukan Gelar Bersama dan Gelar Ganda
  6. Pertukaran Bahan Akademik, publikasi, dan informasi lainnya
  7. Proyek bersama tentang jenis budaya, organisasi konferensi internasional, lokakarya, dan seminar, dan
  8. Mempromosikan kerja sama lain yang memiliki kepentingan bersama

Sementara poin-poin kerja sama antara Dong-A University dengan UPI, yaitu:

  1. Program pertukaran ahli, peneliti, dosen, dan mahasiswa
  2. Program pertukaran literature penelitian, data penelitian, dan publikasi, sesuai dengan hukum, aturan, dan prosedur yang berlaku di kedua pihak, juga aturan internasional tentang perlindungan kekayaan intelektual
  3. Program studi semester pendek ke universitas kedua pihak
  4. Program joint degree dan/atau double degree dan menjamin kredit transfer dan pengakuan atas program tersebut dari kedua pihak
  5. Penelitian gabungan oleh dosen dan/atau peneliti dari kedua pihak, dana dapat didukung oleh kedua pihak, sektor swasta, atau pemerintah/departemen terkait
  6. Kegiatan belajar mengajar melalui kunjungan perkuliahan yang disepakati oleh para pihak
  7. Pengembangan fakultas melalui pelatihan dengan waktu dan tempat yang disepakati oleh para pihak
  8. Mendorong partisipasi dosen dan mahasiswa dalam kegiatan akademik yang diselenggarakan kedua pihak, seperti kongres pendidikan, konferensi, lokakarya, simposium, pelatihan, ekshibisi, dan kegiatan akademik lainnya yang diatur dalam kesepakatan ini, dan
  9. Program-program akademik dan pendidikan lainnya yang telah disepakati oleh para pihak

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini