Warga 3 Dusun di Asahan Bertumbangan Usai Syukuran, Ada Apa?

Oleh Reza Efendi pada 08 Des 2019, 22:00 WIB
Diperbarui 08 Des 2019, 22:00 WIB
warga keracunan makanan
Perbesar
kejadian tersebut terjadi pada Jumat, 6 Desember 2019, malam

Liputan6.com, Asahan - Puluhan warga di tiga dusun yang berada di Kecamatan Silau Laut, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara (Sumut), dilarikan ke rumah sakit karena diduga keracunan makanan secara massal. Hal ini dialami warga usai menyantap makanan di acara syukuran salah satu rumah warga.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Asahan, Khaidir Sinaga mengatakan, kejadian tersebut terjadi pada Jumat, 6 Desember 2019, malam. Saat itu, puluhan warga menyantap makanan syukuran atas kelahiran anak salah satu warga.

“Puluhan warga merasa pusing dan sakit perut usai menyantap makanan. Awalnya mengira hanya pusing dan sakit perut biasa. Ternyata itu adalah gejala awal dugaan keracunan,” kata Khaidir, Minggu (8/12/2019).

Peristiwa dugaan keracunan tersebut kemudian dilaporkan warga ke pihak kecamatan. Sebanyak 21 warga mendapat perawatan di Intalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) HAMS Kisaran.

“Sisanya di Puskesmas Binjai Serbangan, Kecamatan Air Joman, dan Puskesmas Lubuk Palas. Diperkirakan yang mengalami keracunan mencapai 48 orang lebih,” sebut Khaidir.

Diungkapkan Khaidir, hingga saat ini pihaknya masih mendata jumlah korban diduga keracunan. Kasus dugaan keracunan makanan yang dialami oleh puluhan warga ini juga sedang dalam penyelidikan polisi.

“Terus kita data. Sebagian korban ada juga anak-anak, dan juga sudah ada yang pulang ke rumah masing-masing,” Khaidir menungkapkan.

Simak video pilihan berikut ini: